Site icon Tafsir Al Quran | Referensi Tafsir di Indonesia

5 Langkah Cara Menjadikan Al-Quran Sebagai Teman Hidup

Al-Quran sebagai teman hidup

Al-Quran sebagai teman hidup

Al-Quran harus dijadikan teman hidup, teman duduk, teman perjalanan, dan teman yang setia di mana saja engkau berada. Menjadikan Al-Quran sebagai teman hidup, bukan berarti Anda memegang Al-Quran di tangan Anda, menyimpan Al-Quran di rumah Anda, atau mengantongi ayat-ayatnya di dalam kantong baju Anda. Tetapi berteman dengan Al-Quran itu berarti Anda Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Pelajarilah Al-Quran. Pelajarilah huruf-huruf Al-Quran pelajarilah cara membaca dan mengucapkan huruf-hurufnya, dan pelajarilah bacaan-bacaan Al-Quran. Sebab, sebahagian dari huruf-huruf Al-Quran berbeda dengan cara mengucapkan huruf-huruf yang ada di dalam bahasa Anda. Dengan mempelajarinya Anda akan dapat membaca dengan baik.

2. Bacalah Al-Quran. Bacalah Al-Quran dengan baik sesuai bunyi-bunyi hurufnya yang sebenarnya. Bacalah Al-Quran sebanyak-banyaknya walau Anda tidak memahami makna dari ayat-ayat yang dibaca. Bertambah banyak Anda membacanya, maka bertambah pahala yang Anda dapat darinya.

Baca Juga: Mana yang Lebih Utama, Membaca Al-Quran dengan Hafalan atau dengan Melihat Mushaf?

3. Pahamilah Al-Quran. Pahamilah kata-kata yang Anda baca dari ayat-ayat Al-Quran. Pahamilah setiap kalimat yang Anda baca dari Al-Quran. Pahamilah ayat-ayat Al-Qur’an yang Anda baca. Pahamilah pesan-pesan dari ayat-ayat Al-Qur’an. Caranya adalah dengan membaca terjemahan ayat-ayat Al-Quran. Makna-makna yang Anda pahami dari ayat-ayat itu akan menyentuh hati Anda.

4. Kajilah Al-Quran. Kajilah Al-Quran sesuai dengan kemampuan Anda. Berdiskusilah dengan teman-teman Anda tentang Al-Qur’an. Bacalah tafsir-tafsir ayat-ayat Al-Qur’an. Kalau Anda tidak bisa menjadi nara sumbernya, cukuplah Anda menjadi pesertanya. Kalau Anda tidak bisa, jadilah pendengar kajiannya. Dengan begitu, wawasan Anda tentang pesan-pesan dari Al-Quran bertambah lebih luas.

5. Amalkan Al-Quran. Amalkan apa yang Anda dapat dari Al-Quran. Dalam bertindak, bersikap, berkata, dan bergaul, ingatlah pesan-pesan Al-Qur’an dan lakukanlah pesan-pesan itu. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai petunjuk, penuntun, dan cahaya bagi kehidupanmu. Amalkanlah perintah-perintah dari Al-Quran. Tinggalkan apa yang telah dilarang oleh Al-Quran.

Dengan melaksanakan lima hal itu, maka Anda sudah menjadikan Al-Quran sebagai teman hidup Anda, dan Al-Quran menjadi teman setia Anda. Dengan begitu, rahmat, berkah, karunia Allah akan tercurah kepada Anda.

Exit mobile version