Beranda Khazanah Al-Quran 5 Langkah Cara Menjadikan Al-Quran Sebagai Teman Hidup

5 Langkah Cara Menjadikan Al-Quran Sebagai Teman Hidup

Al-Quran harus dijadikan teman hidup, teman duduk, teman perjalanan, dan teman yang setia di mana saja engkau berada. Menjadikan Al-Quran sebagai teman hidup, bukan berarti Anda memegang Al-Quran di tangan Anda, menyimpan Al-Quran di rumah Anda, atau mengantongi ayat-ayatnya di dalam kantong baju Anda. Tetapi berteman dengan Al-Quran itu berarti Anda Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Pelajarilah Al-Quran. Pelajarilah huruf-huruf Al-Quran pelajarilah cara membaca dan mengucapkan huruf-hurufnya, dan pelajarilah bacaan-bacaan Al-Quran. Sebab, sebahagian dari huruf-huruf Al-Quran berbeda dengan cara mengucapkan huruf-huruf yang ada di dalam bahasa Anda. Dengan mempelajarinya Anda akan dapat membaca dengan baik.

2. Bacalah Al-Quran. Bacalah Al-Quran dengan baik sesuai bunyi-bunyi hurufnya yang sebenarnya. Bacalah Al-Quran sebanyak-banyaknya walau Anda tidak memahami makna dari ayat-ayat yang dibaca. Bertambah banyak Anda membacanya, maka bertambah pahala yang Anda dapat darinya.

Baca Juga: Mana yang Lebih Utama, Membaca Al-Quran dengan Hafalan atau dengan Melihat Mushaf?

3. Pahamilah Al-Quran. Pahamilah kata-kata yang Anda baca dari ayat-ayat Al-Quran. Pahamilah setiap kalimat yang Anda baca dari Al-Quran. Pahamilah ayat-ayat Al-Qur’an yang Anda baca. Pahamilah pesan-pesan dari ayat-ayat Al-Qur’an. Caranya adalah dengan membaca terjemahan ayat-ayat Al-Quran. Makna-makna yang Anda pahami dari ayat-ayat itu akan menyentuh hati Anda.

4. Kajilah Al-Quran. Kajilah Al-Quran sesuai dengan kemampuan Anda. Berdiskusilah dengan teman-teman Anda tentang Al-Qur’an. Bacalah tafsir-tafsir ayat-ayat Al-Qur’an. Kalau Anda tidak bisa menjadi nara sumbernya, cukuplah Anda menjadi pesertanya. Kalau Anda tidak bisa, jadilah pendengar kajiannya. Dengan begitu, wawasan Anda tentang pesan-pesan dari Al-Quran bertambah lebih luas.

5. Amalkan Al-Quran. Amalkan apa yang Anda dapat dari Al-Quran. Dalam bertindak, bersikap, berkata, dan bergaul, ingatlah pesan-pesan Al-Qur’an dan lakukanlah pesan-pesan itu. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai petunjuk, penuntun, dan cahaya bagi kehidupanmu. Amalkanlah perintah-perintah dari Al-Quran. Tinggalkan apa yang telah dilarang oleh Al-Quran.

Dengan melaksanakan lima hal itu, maka Anda sudah menjadikan Al-Quran sebagai teman hidup Anda, dan Al-Quran menjadi teman setia Anda. Dengan begitu, rahmat, berkah, karunia Allah akan tercurah kepada Anda.

Ahmad Thib Raya
Guru Besar Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dewan Pakar Pusat Studi Al-Quran (PSQ)
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Menyegerakan haji saat sudah mampu

Hukum Menerima Hadiah Naik Haji Gratis 

0
Salah satu media online memberitakan, Seorang jemaah Masjid Istiqlal, Jakarta, mendapatkan hadiah naik haji gratis dari Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi....