Cinta tanah Air merupakan perasaan bangga dan ikut memiliki sebuah wilayah tertentu. Perasaan ini begitu penting karena merupakan benih yang akan membuat seorang warga negara rela berkorban, menjaga dan berjuang demi memajukan bangsanya.ย Alquran sebagai sumber primer ajaran Islam dan otoritatif, secara eksplisit mungkin tidak menyebutkan mengenai pentingnya cinta tanah air, akan tetapi secara implisit para ulama melalui interpretasinya terhadap beberapa ayat dan hadits mengatakan bahwa cinta tanah air dianjurkan dalam Islam.
Pada firman Allah Swt. (QS. Al-Qashash [28]:85) terdapat isyarat bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman:
ุฅูููู ุงูููุฐูู ููุฑูุถู ุนููููููู ุงููููุฑูุขูู ููุฑูุงุฏูููู ุฅูููู ู ูุนูุงุฏู… 85
โsungguh, Dzat yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum Alquran, benar-benar akan mengembalikanmu ke tempat kembali (kota Mekah)โ.
Ayat di atas diturunkan ketika Nabi Muhammad Saw. sedang dalam perjalanan malam menuju Madinah. Sesampainya di daerah Juhfah, Nabi Muhammad Saw. sangat rindu pada tanah Mekah. Lalu malaikat Jibril turun menyampaikan ayat ini. Dalam menafsiri ayat ini, Ismail Haqqi memaparkan bahwa ayat di atas terdapat isyarat bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Beliau menyebutkan:
ูุงูู ุนูู ูุฑุงุฌุนู ุงูู ู ูุงู ูู ูุนุธู ุชู ุฃูู ูุงู ููุตุฏ ุงูุนูุฏ ุงููู ูู ู ู ุฎุฑุฌ ู ูู ููู ู ูุฉ ุงูู ุดุฑูุฉ ูุทูู ุงูุฏูููู … ููู ุชูุณูุฑ ุงูุขูุฉ ุฅุดุงุฑุฉ ุงูู ุฃู ุญุจ ุงููุทู ู ู ุงูุฅูู ุงู ููุงู ุนููู ุงูุณูุงู ูููู ูุซูุฑุง ุงููุทู ุงููุทู ูุญูู ุงููู ุณุคูู ูุญูู ุงููู ุณุคูู
โmakna ayat tersebut adalah: Allah adalah Dzat yang mengembalikanmu pada suatu tempat, yang karena keagungannya, termpat tersebut layak untuk dituju oleh orang-orang yang telah diusir darinya. Tempat tersebut tidak lain adalah tanah Mekah yang mulia, tanah airmu di dunia ini. Dalam tafsir ayat ini terdapat isyarat bahwa cinta tanah air merupakan sebagian dari iman. Betapa seringnya Rasulullah Saw. mengucap โDuhai tanah airku, duhai tanha airkuโ, lalu Allah mengabulkan permintaannya ituโ. (Ruh al-Bayan, jilid 6, hl. 441).
Pada ayat lain, Alquran juga menggambarkan tanah air adalah suatu hal yang sangat berharga, yakni berupa penyetaraan antara mengusir seseorang dari tanah airnya dan membunuh nyawanya. Demikian seperti penjelasan Imam al-Razi pada firman Allah Swt:
ูููููู ุฃููููุง ููุชูุจูููุง ุนูููููููู ู ุฃููู ุงููุชููููุง ุฃูููููุณูููู ู ุฃููู ุงุฎูุฑูุฌููุง ู ููู ุฏูููุงุฑูููู ู ู ูุง ููุนูููููู ุฅููููุง ููููููู ู ูููููู ู ูููููู ุฃููููููู ู ููุนููููุง ู ูุง ูููุนูุธูููู ุจููู ููููุงูู ุฎูููุฑูุง ููููู ู ููุฃูุดูุฏูู ุชูุซูุจููุชูุง 66
Artinya: dan Sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka: “Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu”, niscaya mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka. dan Sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka).(QS. Al-Nisa [4]:66).
Bahkan seorang pakar hadits Al-Mulla Ali Al-Qari (w 1014 H) menafsiri kata fitnah dengan โterusir dari tanah airโ, yakni pada firman Allah Swt. :
ููุงููุชููููููู ู ุญูููุซู ุซูููููุชูู ููููู ู ููุฃูุฎูุฑูุฌููููู ู ู ููู ุญูููุซู ุฃูุฎูุฑูุฌููููู ู ููุงููููุชูููุฉู ุฃูุดูุฏูู ู ููู ุงููููุชูู … 191
โdan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhanโ. (al-Baqarah [2]: 191).
Sehingga dengan penafsiran ini, terusir dari tanah air lebih berat dan kejam dibanding pembunuhan.
ูู ูุงุฑูุฉ ุงูุฃูุทุงู ุงูู ุฃูููุฉ ุงูุชู ูู ุฃุดุฏ ุงูุจูุงุก ูู ู ุซู ูุณุฑ ูููู ุชุนุงูู {ูุงููุชูุฉ ุฃุดุฏ ู ู ุงููุชู} [ุงูุจูุฑุฉ: 191] ุจุงูุฅุฎุฑุงุฌ ู ู ุงููุทู ; ูุฃูู ุนูุจ ุจูููู {ูุฃุฎุฑุฌููู ู ู ุญูุซ ุฃุฎุฑุฌููู } [ุงูุจูุฑุฉ: 191]
“berpisah dengan tanah air yang dicintai adalah cobaan paling berat, maka dari itulah firman Allah โDan fitnah itu lebih berat dari pembunuhanโ ditafsiri dengan diusir dari tanah air. Sebab potongan ayat tersebut adalah terusan dari โMaka usirlah mereka sebagaimana mereka mengusir kalianโ.โ (Mirqat al-Mafatih, jilid 6, hlm. 2630).
Baca Juga: Adakah Dalil Nasionalisme? Inilah Dalilnya dalam Al Quran
Ayat-ayat di atas serta tafsirnya memberikan gambaran bahwa nasionalisme adalah sesuatu yang berharga, dan dengan menanamkan kecintaan terhadap tanah air suatu Negara akan makmur, sebab dengannya konflik horizontal dan kekacauan masyarakat bisa dihindari, ketertiban umum dapat ditegakkan, dan kemaslahatan duniawi dan ukhrawi bisa terpelihara.ย ย ย Dan juga menjdi respon penolakan dan atas anggapan sebagian kelompok yang berasumsi bahwa nasionalisme tidak ada landasannya dalam Islam.