Beranda Tafsir Tematik Tafsir Tarbawi Hari Guru Sedunia: Inilah 3 Artikel Serial Tafsir Tarbawi Tentang Guru dan...

Hari Guru Sedunia: Inilah 3 Artikel Serial Tafsir Tarbawi Tentang Guru dan Pendidik

Tanggal 5 Oktober hari ini, diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teacher’s Day (WTD). Dalam laman resminya, UNESCO menjelaskan bahwa Hari Guru Sedunia diperingati setiap tahun sejak tahun 1994 untuk memperingati hari jadi diadopsinya Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru.

Berkat rekomendasi ini, hak dan tanggung jawab guru ditetapkan tolak ukurnya. Kemudian ditetapkan pula standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

Untuk ikut serta dalam memeriahkan Hari Guru Sedunia, tafsiralquran.id merangkum beberapa artikel yang berbicara soal guru dan pendidikan. Kami beri judul dengan serial tafsir tarbawi. 

Pentingnya Penguasaan Teknologi Bagi Pendidik

Pada peringatan Hari Guru Sedunia tahun ini, bertepatan dengan tantangan Pandemi Covid-19. Penguasaan teknologi bagi pendidik menjadi hal sentral dan krusial demi akselerasi pendidikan di tengah disrupsi teknologi. Pendidik adalah garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagaiamana amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa salah satu kualifikasi akademik yang harus dimiliki guru dan dosen adalah kompetensi pedagogik.

Pendidik Wajib Saring Sebelum Sharing Informasi

Selain tantangan soal penguasaan teknologi, tantangan bagi guru adalah post truth. Perkembangan media informasi yang semakin tidak terbendung menyebabkan maraknya berita hoax. Alih-alih menelusuri kebenaran berita tersebut, justru waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk hal-hal yang produktif harus tersita dengan aktivitas mencari kebenaran berita tersebut (klarifikasi/ tabayyun). Terlebih ulah sebagian orang yang share and share tanpa menyaringnya terlebih dahulu keakuratan dan kevalidan informasi tersebut, semakin menambah kepelikan tersendiri. Maka dibutuhkan saring sebelum sharing informasi.

Pendidik Harus Tahan Banting

Di masa pandemi Covid-19 beban berat tentu dialami para Guru. Namun demikian, para guru tetap harus mempunyai sikap tahan banting. Pendidik harus tahan banting, mempunyai kesabaran, ketelatenan, kesehatan fisik dan psikis yang lebih daripada umumnya. Menjadi pendidik adalah panggilan hati. Tidak semua manusia mempunyai jiwa pendidik, meskipun pada satu waktu kita berperan sebagai peserta didik, pada waktu yang lain berposisi sebagai pendidik.   

Demikian adalah tiga artikel tentang Pendidik dan Guru dalam rangka memperingati Hari Guru Sedunia hari ini. Semoga bermanfaat. 

Redaksihttp://tafsiralquran.id
Tafsir Al Quran | Referensi Tafsir di Indonesia
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Tiga Karakter Kepemimpinan Rasulullah yang Patut Dicontoh

Tiga Karakter Kepemimpinan Rasulullah yang Patut Dicontoh

0
Ketika menjadi pemimpin, seseorang hendaknya memiliki kepribadian yang baik dan mampu memimpin anggotanya dengan baik pula. Selain itu, pemimpin juga seringkali dituntut dapat mengambil...