Beranda Ulumul Quran Kata Birr dan Sinonimnya

Kata Birr dan Sinonimnya

Sinonim dalam istilah kebahasaan adalah kata-kata yang mempunyai kemiripan makna dengan kata yang lain. Tidaka ada satu kapa pun di dalam Bahasa yang memiliki makna yang sama parsis dengan kata yang bersinonim dengannya. Seperti kata جَلَسَ, yang sinonimnya adalah kata قَعَدَ. Kedua-duanya sama-sama berarti “duduk.” Akan tetapi kata جَلَسَ menunjukkan arti “duduk” dari posisi berdiri. Kata اجْلِسْ (duduklah), menunjukkan arti bahwa Anda mempersilahkan seseorang yang sedang berdiri agar dia duduk. Kata اُقْعُدْ menunjukkan arti bahwa Anda mempersilahkan seseorang yang sedang berbaring agar dia duduk.

Demikian pula halnya makna kata Birr (بِرٌّ) dengan kata-kata lain yang sinonim dengannya. Masing-masing memiliki makna yang berbeda, meskipun makna asalahnya, atau maknanya yang umum adalah sama. Mari kita simak 14 kata yang merupakan sinonim dari kata Birr (بِرٌّ) dalam Bahasa Arab, sebagai berikut:

  1. Kata إِحْسَانٌ artinya “kebaikan yang berlebih” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya atau yang diberikan oleh manusia kepada sesamanya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَحْسَنَ (memberikan kebaikan yang berlebih).
  2. Kata إِنَالَةٌ artinya “kebaikan yang diberikan” oleh seseorang sesamanya atau yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَنَالَ (memberikan kebaikan kepada seseorang).
  3. Kata إِنْعَامٌ artinya “kebaikan yang menyenangkan dalam bentuk nikmat” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَنْعَمَ (memberikan kebaikan dalam bentuk nikmat).
  4. Kata إِرْفَادٌ artinya “kebaikan yang diberikan dalam bentuk pertolongan” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya atau yang diberikan oleh seseorang kepada sesamanya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَرْفَدَ (memberikan kebaikan dalam bentuk pertolongan, bantuan).
  5. Kata إِعْطَاءٌartinya “kebaikan yang diberikan dalam bentuk hadiah atau penghargaan” baik oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya maupun oleh seseorang kepada sesamanya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَعْطَى (memberikan kebaikan dalam bentuk pemberian atau hadiah).
  6. Kata إِفْضَالٌ artinya “kebaikan yang diberikan dalam bentuk kelebihan” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَفْضَلَ (memberikan kelebihan).
  7. Kata اِمْتِنَانٌ artinya “kebaikan yang diberikan dalam bentuk nikmat” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja اِمْتَنَّ (memberikan kebaikan dalam bentuk nikmat).
  8. Kata حَبْوٌ artinya “kebaikan dalam bentuk anugerah atau hadiah” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya atau oleh seseorang kepada sesamanya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja أَحْسَنَ (memberikan kebaikan yang berlebih).
  9. Kata فَضْلٌ aratinya “kebaikan dalam bentuk kelebihan” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja فَضَلَ (memberikan kebaikan dalam bentuk kelebihan).
  10. Kata كَرَامَةٌ artinya “kebaikan yang diberikan dalam bentuk kemuliaan, kehoramatan” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba pilihan-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja كَرُمَ (memberikan kebaikan dalam bentuk kemuliaan).
  11. Kata مَنٌّ artinya “kebaikan dalam bentuk karunia” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja مَنَّ (memberikan kebaikan dalam bentuk karunia atau anugerah).
  12. Kata مَنْحٌ artinya “kebaikan dalam bentuk pemberian hadiah” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya atau oleh seseorang kepada sesamanya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja مَنَحَ (memberikan kebaikan dalam bentuk anugerah, hadiah).
  13. Kata مِنَّةٌ artinya “sebuah kebaikan dalam nikmat, karunia” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dasar (masdar) dari kata kerja مَنَّ (memberikan kebaikan dalam bentuk nikmat).
  14. Kata نَعْمَاءٌ artinya “kebaikan yang diberikan dalam bentuk hal-hal yang menyenangkan” yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Kata ini adalah bentuk dari kata kerja أَنْعَمَ (memberikan kebaikan dalam bentuk hal-hal yang menyenangkan).

Demikian sinonim kata kerja “birrun” (بِرٌّ) di dalam Bahasa Arab. Makna asal atau umumnya adalah “kebaikan,” tetapi makna khususnya berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Semoga uraian ini dapat menambah wawasan kita. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab.

Ahmad Thib Raya
Guru Besar Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dewan Pakar Pusat Studi Al-Quran (PSQ)
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Sejarah Manuskrip Sana'a

Jalan Panjang Penelitian Manuskrip Sana’a (Bagian 2)

0
Kali ini penulis hendak meringkas alur penelitian manuskrip Sana’a sejak dekade 1980-an dan perkembangannya hingga hari ini. Pada awal penemuannya di tahun 1972, penelitian...