Beranda Khazanah Al-Quran Amaliyah Ayat-Ayat Al-Quran Untuk Mengobati Penyakit Demam

Amaliyah Ayat-Ayat Al-Quran Untuk Mengobati Penyakit Demam

Penyakit demam adalah kondisi di mana suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 38 derajat Celcius. Demam biasa menjadi penanda adanya suatu penyakit atau kondisi tertentu di dalam tubuh. Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur atau parasit penyebab penyakit.

Selain diakibatkan oleh penyakit tertentu atau infeksi virus dan bakteri, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit demam, seperti paparan cuaca ekstrem, suhu panas, siklus menstruasi, reaksi pasca pemberian imunisasi pada anak, dan efek samping dari obat-obatan yang digunakan.

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, sebagian besar penyakit demam yang disebabkan oleh infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika demam sudah mencapai suhu lebih dari 39 derajat Celcius, maka diperlukan penanganan khusus untuk mengobati penyakit demam dan mengatasi ketidaknyamanan akibatnya.

Menurut alodokter.com, untuk mengobati penyakit demam seseorang harus memberikan obat sesuai penyebab demam itu sendiri. Apabila demam disebabkan oleh infeksi, maka sebaiknya seseorang diberikan obat untuk mengatasi infeksi tersebut, seperti obat antibiotik, antivirus, anti jamur, dan obat-obatan lainnya yang direkomendasikan dokter.

Baca Juga: Al-Quran adalah Obat Bagi Penyakit Rohani: Tafsir Surat Al-Isra Ayat 82

Sedangkan penyakit demam biasa yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, dapat diatasi dengan beristirahat, minum air putih yang cukup, dan mengkonsumsi obat penurun demam, seperti paracetamol. Dengan demikian, untuk mengobati penyakit demam yang tinggi, sebaiknya seseorang terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter agar dapat ditangani dengan tepat.

Bacaan Rukyah Untuk Penyakit Demam

Selain melalui pengobatan medis, seseorang juga bisa – sebagai usaha tambahan – mengobati penyakit demam lewat rukyah syariyyah atau bacaan Al-Qur’an.  Imam al-Ghazali menyebutkan dalam kitab adz-Dzahabul Ibris bahwa ayat Al-Qur’an dapat digunakan sebagai sarana mengobati penyakit demam atau dalam istilah kedokteran disebut Febris.

Ayat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam adalah QS. Al-Fatihah [1] ayat 1, QS. An-Nisa’ [4]: ayat 28, QS. Al-Anfal [8] ayat 66. QS. Al-Baqarah [2] ayat 178, QS. Ad-Dukhan [44] ayat 12, dan QS. Al-An’am [6] ayat 17. Ayat-ayat tersebut dibaca berturut-turut dengan penuh keyakinan bahwa Allah Swt akan menyembuhkan penyakit melalui washilah atau perantara ayat ini.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ١

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّخَفِّفَ عَنْكُمْ ۚ وَخُلِقَ الْاِنْسَانُ ضَعِيْفًا ٢٨

“Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah.”

…اَلْـٰٔنَ خَفَّفَ اللّٰهُ عَنْكُمْ وَعَلِمَ اَنَّ فِيْكُمْ ضَعْفًاۗ

“Sekarang Allah telah meringankan kamu karena Dia mengetahui bahwa ada kelemahan padamu….”

ذٰلِكَ تَخْفِيْفٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَرَحْمَةٌ ۗفَمَنِ اعْتَدٰى بَعْدَ ذٰلِكَ فَلَهٗ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ١٧٨ …

“….Yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari Tuhanmu. Barangsiapa melampaui batas setelah itu, maka ia akan mendapat azab yang sangat pedih.

رَبَّنَا اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ اِنَّا مُؤْمِنُوْنَ ١٢

“(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, lenyapkanlah azab itu dari kami. Sungguh, kami akan beriman.”

وَاِنْ يَّمْسَسْكَ اللّٰهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهٗٓ اِلَّا هُوَ ۗوَاِنْ يَّمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ١٧

“Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Amaliyah ini didapatkan imam al-Ghazali dari imam Hasan al-Bashri. Beliau berkata. “Saya menulis lembaran berisi potongan ayat di atas, lalu aku letakkan pada orang yang sakit panas, maka dengan izin Allah Swt ia sembuh seperti sedia kala sebagaimana kuda lepas dari kekangan tali.”

Berdasarkan cerita tersebut, Imam al-Ghazali berkesimpulan bahwa QS. Al-Fatihah [1] ayat 1, QS. An-Nisa’ [4]: ayat 28, QS. Al-Anfal [8] ayat 66. QS. Al-Baqarah [2] ayat 178, QS. Ad-Dukhan [44] ayat 12, dan QS. Al-An’am [6] ayat 17 dapat digunakan sebagai sarana mengobati penyakit demam. Amaliyah ini tentunya harus dilandasi dengan keimanan dan keyakinan yang kuat kepada Allah Swt. Karena itu semua dapat memberikan dampak positif bagi tubuh manusia.

Baca Juga: Baca Ayat Ini Untuk Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Stroke

Sebaiknya amaliyah ini dibarengi dengan usaha atau ikhtiyar melalui pengobatan medis. Karena bisa jadi beberapa penyakit demam memang harus disembuhkan melalui pengobatan medis sebagai salah satu sunatullah yang harus dipatuhi manusia. Selain itu, sebelum merasakan sakit – baik sakit jasmani atau mental – seseorang sebaiknya menjaga kesehatannya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Terakhir, ayat Al-Qur’an tersebut hanya berfungsi sebagai washilah kesembuhan, sedangkan yang memberi kesembuhan hanyalah Allah Swt. Oleh karena itu, berdoalah dan mengharap kepada-Nya secara sungguh-sungguh tanpa keraguan. Adapun jikalau penyakit tidak sembuh pasca berdoa, maka bersabarlah dan terus berusaha, baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Yakinlah bahwa Allah Maha Tahu dengan takdirmu. Wallahu a’lam

Muhammad Rafi
Penyuluh Agama Islam Kemenag kotabaru, bisa disapa di ig @rafim_13
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Kiat-kiat pencegahan kemiskinan dalam Al-Quran

Al-Quran dan Upaya Pengentasan Kemiskinan

0
Islam mengajarkan kepada penganutnya untuk memperhatikan segala aspek sosial kepada saudara Muslim lainya atau manusia pada umumnya. Salah satu yang ditekankan oleh Islam dalam...