Beranda Khazanah Al-Quran Doa Al-Quran Doa Al-Quran: Doa Agar Diringankan Dari Beban Kehidupan

Doa Al-Quran: Doa Agar Diringankan Dari Beban Kehidupan

Di masa pandemi covid-19 selain isu kesehatan, masyarakat juga dihadapkan dengan isu ekonomi. Banyak orang kehilangan pekerjaan, pendapatan menurun, dan konsumsi masyarakat juga ikut terjun bebas. Bagi kita selaku umat Muslim, ini merupakan tantangan sekaligus cobaan yang harus dilewati. Kita perlu yakin bahwa apa pun yang terjadi, Allah Swt tidak akan membebani hamba-Nya di luar kapasitas. Selain dengan ikhtiar sekuat tenaga, kita juga perlu memanjatkan doa agar diringankan dari beban kehidupan yang terus menghimpit.

Sebagai Kitab Suci yang menjadi pedoman hidup umat Islam, di dalam Alquran terkandung banyak doa yang dapat diamalkan dan dibaca setiap hari. Terdapat doa-doa yang diteladankan para Nabi dan juga doa agar diringankan dari beban kehidupan. Doa ini terdapat dalam ayat al-Quran yang cukup masyhur di masyarakat yaitu dalam QS. Al-Baqarah [2]: 286. Allah Swt berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Allah tidak membenani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Baca Juga: Doa Al Quran: Doa untuk Keteguhan Hati

Imam al-Qusyairi dalam tafsirnya Lathaif al-Isyarat memahami bahwa ayat di atas adalah bentuk kasih sayang Allah Swt kepada umat Nabi Muhammad Saw dan keunggulan mereka atas umat yang lain. Bila umat terdahulu hendak meminta sesuatu, perlu meminta kepada Nabi mereka. Hal ini sebagaimana terjadi kepada umat Nabi Musa dan Nabi Isa. Sedangkan umat Nabi Muhammad dapat langsung berdoa kepada Allah Swt. Begitu pun dengan segala macam kesulitan dan kepayahan, umat Nabi Muhammad mendapatkan pahala bila bersabar menghadapinya.

Sebagai umat Muslim, penting untuk kita agar selalu yakin dengan janji Allah Swt. Yakin dalam arti sikap hati yang disertai dengan upaya sungguh-sungguh untuk menghadapi masalah. Terus kreatif untuk selalu menemukan jalan keluar bagi setiap masalah juga merupakan tugas kita sebagai manusia. Tidak lupa juga dengan saling tolong menolong antar sesama.

Baca Juga: Agar Doa Cepat Terkabul? Makanlah Yang Halal

Doa agar diringankan dari beban kehidupan di atas dapat kita amalkan setiap saat. Selain sebagai doa, ayat di atas juga dapat diamalkan sebagai wirid untuk menguatkan hati kita bahwa kita masih punya Allah Swt yang Maha Besar, lebih besar dari masalah yang sedang menimpa kita. Wallahu A’lam.

Wildan Imaduddin Muhammad
Dosen Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

tentang fitnah

Penjelasan tentang Fitnah Lebih Kejam daripada Pembunuhan

0
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata fitnah diartikan sebagai perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama...