Kontradiksi riwayat terkadang ditemukan pada riwayat yang menjelaskan asbabun nuzul suatu ayat. Hal ini jangan sampai dianggap sebagai kelemahan metode asbabun nuzul. Karena jika dipelajari dengan serius dan mendalam, sudah ada solusi yang tepat, yaitu :
- Jika dua riwayat yang kontradiktif, salah satunya disampaikan dengan shighot yang shorih (yaitu shighot yang menunjukkan dan menegaskan bahwa ayat tersebut turun semasa/berbarengan dengan peristiwa yang disampaikan, seperti ููุฒูุช ุงูุงูุฉ ูู…/ุณุจุจ ูุฒูู ูุฐู ุงูุงูุฉ …) sedangkan yang lain menggunakan shighot yang ghoiru shorih (yaitu shighot yang menunjukkan kemungkinan bahwa ayat turun semasa dengan peristiwa tersebut, atau hanya sebuah penafsiran ayat yang mencakup peristiwa semacam itu, seperti : ูุฒูุช ูุฐู ุงูุงูุฉ ูู …), maka riwayat yang menggunakan shighot shorih yang dipilih. Contoh :
ุนู ูุงูุน ูุงู: ูุฑุฃุช ุฐุงุช ููู : {ููุณูุงุคูููู ู ุญูุฑูุซู ููููู ู} ููุงู ุงุจู ุนู ุฑ: ุฃุชุฏุฑู ููู ุฃูุฒูุช ูุฐู ุงูุขูุฉุ ููุช: ูุงุ ูุงู: ูุฒูุช ูู ุฅุชูุงู ุงููุณุงุก ูู ุฃุฏุจุงุฑูู”
ุนู ุฌุงุจุฑ ูุงู: ูุงูุช ุงููููุฏ ุชููู: ุฅุฐุง ุฃุชู ุงูุฑุฌู ุงู ุฑุฃุชู ู ู ุฎูููุง ูู ููุจูููุง ุฌุงุก ุงูููุฏ ุฃุญููุ ููุฒูุช: {ููุณูุงุคูููู ู ุญูุฑูุซู ููููู ู ููุฃูุชููุง ุญูุฑูุซูููู ู ุฃููููู ุดูุฆูุชูู ู}
Dari kedua riwayat tersebut maka yang dipilih adalah riwayat kedua, karena menggunakan shighot shorih. (Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Itqan, [Beirut : Dar Al-Kutub Al-Ilmiah, 2015] hal. 52)
Baca juga: Sababun Nuzul Mikro dan Makro: Pengertian dan Aplikasinya
2. Jika dua riwayat yang kontradiktif sama-sama menggunakan shighot yang shorih, maka analisis selanjutnya dengan menelisih kualitas riwayatnya, mana yang shohih, dan mana yang tidak shohih, dan jelas yang dipilih adalah riwayat yang shohih. Contoh :
ู ุง ุฃุฎุฑุฌู ุงูุดูุฎุงู ูุบูุฑูู ุง ุนู ุฌูุฏุจ ุงูุจุฌูู ูุงู: “ุงุดุชูู ุงููุจู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ููู ููู ูููุชูู ุฃู ุซูุงุซูุงุ ูุฃุชุชู ุงู ุฑุฃุฉ ููุงูุช: ูุง ู ุญู ุฏุ ู ุง ุฃุฑู ุดูุทุงูู ุฅูุง ูุฏ ุชุฑููุ ูู ููุฑุจู ูููุชูู ุฃู ุซูุงุซุฉุ ูุฃูุฒู ุงููู: {ููุงูุถููุญูู, ููุงูููููููู ุฅูุฐูุง ุณูุฌูู, ู ูุง ููุฏููุนููู ุฑูุจูููู ููู ูุง ููููู}
ุฃุฎุฑุฌ ุงูุทุจุฑุงูู ูุงุจู ุฃุจู ุดูุจุฉ ุนู ุญูุต ุจู ู ูุณุฑุฉ ุนู ุฃู ู ุนู ุฃู ูุง -ููุงูุช ุฎุงุฏู ุฑุณูู ุงููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : “ุฃู ุฌุฑููุง ุฏุฎู ุจูุช ุงููุจู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ูุฏุฎู ุชุญุช ุงูุณุฑูุฑุ ูู ุงุชุ ูู ูุซ ุงููุจู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุฃุฑุจุนุฉ ุฃูุงู ูุง ููุฒู ุนููู ุงููุญูุ ููุงู: ูุง ุฎููุฉุ ู ุง ุญุฏุซ ูู ุจูุช ุฑุณูู ุงููู, ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ุฌุจุฑูู ูุง ูุฃุชููู! ูููุช ูู ููุณู: ูู ููุฃุช ุงูุจูุช ูููุณุชูุ ูุฃูููุช ุจุงูู ููุณุฉ ุชุญุช ุงูุณุฑูุฑุ ูุฃุฎุฑุฌุช ุงูุฌุฑูุ ูุฌุงุก ุงููุจู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุชุฑุนุฏ ูุญูุชูุ ููุงู ุฅุฐุง ูุฒู ุนููู ุฃุฎุฐุชู ุงูุฑุนุฏุฉ ููุงู: ูุง ุฎููุฉ ุฏุซุฑููู ูุฃูุฒู ุงููู: {ููุงูุถููุญูู} … ุฅูู ูููู: {ููุชูุฑูุถูู}
Dua riwayat yang menjelaskan asbabun nuzul surat adh-dhuha di atas menggunakan shighot shorih, namun pada riwayat yang kedua dianggap ghorib oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani karena ada seorang rowi yang tidak diketahui di dalam rangkaian sanadnya. Oleh sebab itu, riwayat yang dipilih adalah yang pertama. (Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Itqon, [Beirut : Dar Al-Kutub Al-Ilmiah, 2015] hal. 53)
Baca juga: Belajar Sabab Nuzul dalam Menafsirkan Al Quran Sangat Penting!
3. Jika dua riwayat yang kontradiktif sama kuat dalam ke-shohih-anya, maka :
- Ditarjih, mana riwayat yang lebih kuat. Bagaimana cara mentarjihnya? Bisa dengan cara menganalisis rowinya, mana yang lebih banyak, atau lebih faqih, atau mana rowi yang menyaksikan langsung. Contoh :
ู ุง ุฃุฎุฑุฌู ุงูุจุฎุงุฑู ุนู ุงุจู ู ุณุนูุฏ ูุงู: “ููุช ุฃู ุดู ู ุน ุงููุจู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุจุงูู ุฏููุฉุ ููู ูุชููุฃ ุนูู ุนุณูุจุ ูู ุฑ ุจููุฑ ู ู ุงููููุฏุ ููุงู ุจุนุถูู : ูู ุณุฃูุชู ููุ ููุงููุง: ุญุฏููุซูุง ุนู ุงูุฑูุญุ ููุงู ุณุงุนุฉ ูุฑูุน ุฑุฃุณูุ ูุนุฑูุชู ุฃูู ููุญู ุฅูููุ ุญุชู ุตุนุฏ ุงููุญูุ ุซู ูุงู: {ูููู ุงูุฑูููุญู ู ููู ุฃูู ูุฑู ุฑูุจููู ููู ูุง ุฃููุชููุชูู ู ู ููู ุงููุนูููู ู ุฅููููุง ูููููููุง}
ุฃุฎุฑุฌ ุงูุชุฑู ุฐู ูุตุญุญู ุนู ุงุจู ุนุจุงุณ ูุงู: “ูุงูุช ูุฑูุด ูููููุฏ: ุฃุนุทููุง ุดูุฆูุง ูุณุฃู ุนูู ูุฐุง ุงูุฑุฌูุ ููุงููุง: ุงุณุฃููู ุนู ุงูุฑูุญุ ูุณุฃููู ูุฃูุฒู ุงููู: {ููููุณูุฃููููููู ุนููู ุงูุฑูููุญู ูููู ุงูุฑูููุญู ู ููู ุฃูู ูุฑู ุฑูุจููู} … ุงูุขูุฉ
Riwayat pertama lebih diunggulkan dari pada kedua dengan alasan: diriwayatkan oleh Imam Bikhori, dan karena Ibnu Masโud menyaksikan langsung turunnya ayat tersebut. (Mannaโ Qothon, Mabahits fi Ulumil Qurโan [Surabaya : Al-Hidayah ] hal. 88)
- Dikombinasikan
Solusi kedua adalah dikombinasikan, atau lebih masyhur dengan istilah al-jamโu. Kapan solusi ini dipakai, jika waktu kronologi kejadiannya berdekatan. Contoh :
ู ูุง ุฃูุฎูุฑูุฌููู ุงููุจูุฎูุงุฑูููู ู ููู ุทูุฑูููู ุนูููุฑูู ูุฉู ุนููู ุงุจููู ุนุจุงุณ ุฃู ููุงู ุจู ุฃูู ููููุฉู ููุฐููู ุงู ูุฑูุฃูุชููู ุนูููุฏู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุจูุดูุฑูููู ุจู ุณุญู ุงุก ููููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู: “ุงููุจููููููุฉู ุฃููู ุญูุฏูู ููู ุธูููุฑููู ” ููููุงูู ููุง ุฑูุณูููู ุงููููููู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูู ุฃูุญูุฏูููุง ู ูุนู ุงู ูุฑูุฃูุชููู ุฑูุฌูููุง ููููุทููููู ููููุชูู ูุณู ุงููุจููููููุฉู! ููุฃูููุฒููู ุนููููููู: {ููุงูููุฐูููู ููุฑูู ูููู ุฃูุฒูููุงุฌูููู ู} ุญูุชููู ุจูููุบู: {ุฅููู ููุงูู ู ููู ุงูุตููุงุฏูููููู} .
ููุฃูุฎูุฑูุฌู ุงูุดููููุฎูุงูู ุนููู ุณููููู ุจููู ุณูุนูุฏู ููุงูู: ุฌูุงุกู ุนูููููู ูุฑู ุฅูููู ุนูุงุตูู ู ุจููู ุนูุฏูููู ููููุงูู: ุงุณูุฃููู ุฑูุณูููู ุงููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู: ุฃูุฑูุฃูููุชู ุฑูุฌูููุง ููุฌูุฏู ู ูุนู ุงู ูุฑูุฃูุชููู ุฑูุฌูููุง ููููุชููููู ุฃูููููุชููู ุจููู ุฃูู ู ูููููู ููุตูููุนูุ ููุณูุฃููู ุนูุงุตูู ู ุฑูุณูููู ุงููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุนูุงุจู ุงูุณููุงุฆููู ููุฃูุฎูุจูุฑู ุนูุงุตูู ู ุนูููููู ูุฑูุง ููููุงูู: ููุงููููููู ููุขุชูููููู ุฑูุณูููู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุฃ ุณุฃููู ููุฃูุชูุงูู ููููุงูู: ุฃูููููู ููุฏู ุฃูููุฒููู ููููู ููููู ุตุงุญุจุชู ูุฑุขูุง … ” ุงููุญูุฏููุซู.
Riwayat pertama menjelaskan bahwa asbabun nuzul ayat liโan terkait dengan kasusnya Hilal bin Umayyah Ra, namun setelah itu datang โUmaimir Ra yang menanyakan hal sama, kemudian turunlah ayat tersebut.
Baca juga: Kaidah Asbabun Nuzul: Manakah yang Harus didahulukan, Keumuman Lafaz atau Kekhususan Sabab?
- Taโddud Nuzul
Solusi terakhir dari sekian banyak solusi menyikapi riwayat-riwayat yang kontradiktif adalah turunnya ayat secara berulang-ulang (taโaddud nuzul), artinya sangat mungkin sekali jika ada riwayat asbabun nuzul suatu ayat kontradiksi dengan riwayat lain, itu disebabkan oleh turunnya ayat tersebut lebih dari sekali. Contoh :
ู ูุง ุฃูุฎูุฑูุฌููู ุงูุดููููุฎูุงูู ุนููู ุงููู ูุณููููุจู ููุงูู: ููู ููุง ุญูุถูุฑู ุฃูุจูุง ุทูุงููุจู ุงููููููุงุฉู ุฏูุฎููู ุนููููููู ุฑูุณูููู ุงููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุนูููุฏููู ุฃูุจูู ุฌููููู ููุนูุจูุฏู ุงููููููู ุจููู ุฃูุจูู ุฃูู ููููุฉู ููููุงูู: ุฃููู ุนูู ูู ูููู ููุง ุฅููููู ุฅูููุง ุงูููููู ุฃูุญูุงุฌูู ูููู ุจูููุง ุนูููุฏู ุงููููููู ููููุงูู ุฃูุจูู ุฌููููู: ููุนูุจูุฏู ุงููููููู ููุง ุฃูุจูุง ุทูุงููุจู! ููููู ู ููุฒูุงููุง ูููููููู ูุงูููู ุญูุชููู ููุงูู: ูููู ุนูููู ู ููููุฉู ุนูุจูุฏู ุงููู ูุทูููุจู ููููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู: “ููุฃูุณูุชูุบูููุฑูููู ูููู ู ูุง ููู ู ุฃููููู ุนููููู ” ููููุฒูููุชู: {ู ูุง ููุงูู ููููููุจูููู ููุงูููุฐูููู ุขู ููููุง ุฃููู ููุณูุชูุบูููุฑููุง ููููู ูุดูุฑูููููู} ุงูุขูุฉ.
ููุฃูุฎูุฑูุฌู ุงูุชููุฑูู ูุฐูููู – ููุญูุณูููููู – ุนููู ุนูููููู ููุงูู: ุณูู ูุนูุชู ุฑูุฌูููุง ููุณูุชูุบูููุฑู ููุฃูุจููููููู ููููู ูุง ู ูุดูุฑูููุงูู ููููููุชู: ุชูุณูุชูุบูููุฑู ููุฃูุจููููููู ููููู ูุง ู ูุดูุฑูููุงูู! ููููุงูู: ุงุณูุชูุบูููุฑู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ููุฃูุจูููู ูููููู ู ูุดูุฑููู ููุฐูููุฑูุชู ุฐููููู ููุฑูุณูููู ุงููููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุฒูููุชู.
ููุฃูุฎูุฑูุฌู ุงููุญูุงููู ู ููุบูููุฑููู ุนููู ุงุจููู ู ูุณูุนููุฏู ููุงูู: ุฎูุฑูุฌู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููู ูุง ุฅูููู ุงููู ูููุงุจูุฑู ููุฌูููุณู ุฅูููู ููุจูุฑู ู ูููููุง ููููุงุฌูุงูู ุทููููููุง ุซูู ูู ุจูููู ููููุงูู: ุฅูููู ุงููููุจูุฑู ุงูููุฐูู ุฌูููุณูุชู ุนูููุฏููู ููุจูุฑู ุฃูู ููู ููุฅููููู ุงุณูุชูุฃูุฐูููุชู ุฑูุจููู ููู ุงูุฏููุนูุงุกู ููููุง ููููู ู ููุฃูุฐููู ููู ููุฃูููุฒููู ุนูููููู: {ู ูุง ููุงูู ููููููุจูููู ููุงูููุฐูููู ุขู ููููุง ุฃููู ููุณูุชูุบูููุฑููุง ููููู ูุดูุฑูููููู}
Dari ketiga riwayat yang berbeda-beda tersebut, dapat disimpulkan bahwa ayat tersebut turun tiga kali.
Dari sekian penjelasan mengenai riwayat-riwayat yang kontradiktif, dapat ditarik benang merahnya, yaitu, adanya kontradiksi riwayat tidak menjadikan metode asbabun nuzul menjadi lemah. Wallahu Aโlam.