Beranda Tafsir Tematik Inilah 15 Nama-Nama Surga Yang Disebutkan dalam Al-Qur’an

Inilah 15 Nama-Nama Surga Yang Disebutkan dalam Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang berbicara mengenai surga, mulai dari gambaran surga, nama-nama surga, hingga sifat-sifat penghuni surga. Dua dari aspek tersebut, yakni gambaran surga dan sifat-sifat penghuni surga, telah penulis jelaskan pada artikel sebelumnya. Pada artikel ini akan diterangkan mengenai 15 nama surga dalam Al-Qur’an.

Menurut pandangan teologis umat Islam, surga – sebuah tempat kembali yang dipenuhi kenikmatan bagi orang beriman – digambarkan memiliki beberapa tingkatan dan nama. Pandangan yang masyhur di masyarakat adalah surga terbagi kepada tujuh atau delapan tingkat, begitu pula neraka. Namun sebenarnya nama-nama surga dalam Al-Qur’an tidak terbatas pada tujuh tingkatan tersebut.

Hanan Ubaidillah dalam tulisannya, Darajat al-Jannah bi al-Tartib, menyebutkan bahwa surga adalah rumah bagi para pemenang, yakni orang-orang yang beriman, beramal saleh dan senantiasa menghindari perbuatan dosa. Mereka inilah orang yang mendapatkan kebahagiaan, kepuasan, dan istirahat nan abadi di surga yang di dalamnya tidak ada kesedihan, kelelahan dan penderitaan.

Selain memiliki nama dan tingkatan, surga juga memiliki beberapa pintu, tepatnya delapan pintu. Empat pintu pertama adalah pintu shalat, pintu jihad, pintu sedekah, pintu rayyan atau disebut juga pintu puasa. Sedangkan empat pintu lainnya ulama berbeda pendapat, di antaranya: pintu menahan amarah, pintu rida, pintu kanan, pintu tobat, pintu berbakti kepada orang tua, pintu haji, pintu zikir dan pintu ilmu (Fathul Bari [7]: 34)

Pandangan ini didasarkan pada hadis nabi Muhammad saw yang berbunyi, “Siapa yang bersedekah sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari pintu shalat, jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari pintu sedekah, jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau pintu ar-Rayyan.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no.1027).

Terlepas dari perbedaan pandangan ulama berkenaan nama pintu surga, dari hadis di atas dapat dipahami secara implisit bahwa manusia dapat memasuki surga dari berbagai pintu yang sesuai dengannya. Mereka yang gemar melaksanakan shalat bisa masuk lewat pintu shalat, mereka yang gemar berpuasa bisa masuk lewat pintu puasa dan sebagainya. Artinya, setiap kebaikan bisa saja membawa seseorang masuk ke dalam surga.

15 Nama Surga Yang Disebutkan Oleh Al-Qur’an

            Berdasarkan penelusuran penulis, nama-nama surga dalam Al-Qur’an ada lima belas. Nama-nama ini ada yang tersusun dari satu kata dan ada pula yang tersusun dari dua kata, sebagai berikut:

1. Jannah

Nama surga dalam Al-Qur’an yang pertama adalah jannah. Nama ini sangat sering disebutkan Al-Qur’an dan secara umum memang mengacu pada surga, tidak ada kekhususan tersendiri. Kata jannah dapat ditemukan setidaknya dalam 76 ayat Al-Qur’an dengan catatan sebagian kecil ayat tersebut merujuk pada makna kebun, bukan surga sebagai tempat kembali bagi orang yang beriman dan beramal saleh.

2. Jannatul Ma’wa

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kedua ialah Jannatul Ma’wa. Nama ini memiliki arti sebagai tempat berlindung. Artinya, jika seseorang masuk ke dalamnya, maka ia akan terlindungi dan tinggal di sana selamanya. Jannatul Ma’wa disebutkan dalam surah an-Najm [53] ayat 15 yang berbunyi:

عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوٰىۗ ١٥

Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”

3. Surga ‘Adn

Nama surga dalam Al-Qur’an yang ketiga adalah surga ‘Adn. Nama ini memiliki arti tempat tinggal permanen. Surga ‘Adn disebutkan Allah swt dalam surah Maryam [19] ayat 61 yang berbunyi:

جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا ٦١

Yaitu surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati.”

4. Surga Na’im

Nama surga dalam Al-Qur’an yang keempat adalah surga Na’im. Surga ini disebut demikian karena keberkahan yang terkandung di dalamnya, mulai rai makanan-makanan, minuman-minuman, pakaian, penampilan yang baik dan tempat tinggal yang luar biasa luas. Surga Na’im disebutkan dalam surah Lukman [31] ayat 8 yang berbunyi:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتُ النَّعِيْمِۙ ٨

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan.”

5. Darul Khuldi

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kelima adalah Darul Khuldi atau rumah keabadian. Nama ini muncul dalam surah Qaf [50] ayat 34 yang berbunyi:

ادْخُلُوْهَا بِسَلٰمٍ ۗذٰلِكَ يَوْمُ الْخُلُوْدِ ٣٤

Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi.”

6. Darul Qarar

Nama surga dalam Al-Qur’an yang keenam adalah Darul Qarar atau tempat tinggal yang kekal. Nama ini Allah swt sebutkan dalam surah Ghafir [40] ayat 39 yang berbunyi:

يٰقَوْمِ اِنَّمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ ۖوَّاِنَّ الْاٰخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ ٣٩

Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.”

7. Darul Muttaqin

Nama surga dalam Al-Qur’an yang ketujuh adalah Darul Muttaqin atau tempat tinggal bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah swt dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Nama ini disebutkan dalam surah an-Nahl [16] ayat 30 yang bermakna:

Dan kemudian dikatakan kepada orang yang bertakwa, “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab, “Kebaikan.” Bagi orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (balasan) yang baik. Dan sesungguhnya negeri akhirat pasti lebih baik. Dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa.”

8. Darul Maqamah

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kedelapan ialah Darul Maqamah yang berarti tempat kekal dan abadi. Nama ini disebutkan oleh Allah swt dalam surah Fatir [35] ayat 35 yang berbunyi:

الَّذِيْٓ اَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهٖۚ لَا يَمَسُّنَا فِيْهَا نَصَبٌ وَّلَا يَمَسُّنَا فِيْهَا لُغُوْبٌ ٣٥

Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.”

9. Darul Hayawan

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kesembilan adalah Darul Hayawan yang berarti kehidupan kekal tanpa kematian. Nama ini disebutkan dalam surah al-Ankabut [29] ayat 64 yang bermakna:

Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.”

10. Firdaus

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kesepuluh ialah Firadaus. Dikatakan bahwa surga ini merupakan surga terbaik dan tertinggi di antara surga yang lainnya. Surga Firadaus disebutkan dalam surah al-Kahfi [18] ayat 107 yang berbunyi:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنّٰتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا ۙ ١٠٧

Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.”

11. Husna

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kesebelas ialah Husna nun dijanjikan bagi orang yang baik. Nama ini disebutkan dalam surah Yunus [10] ayat 26 yang bermakna:

Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.”

  1. Darussalam

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kedua belas adalah Darussalam. Surga ini disebutkan dalam  surah Yunus [10] ayat 25 yang berbunyi:

وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓ اِلٰى دَارِ السَّلٰمِ ۚوَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ ٢٥

Dan Allah menyeru (manusia) ke Darus-salam (surga), dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam).”

13. Maqam Amin

Nama surga dalam Al-Qur’an yang ketiga belas adalah Maqam Amin atau tempat yang aman. Nama ini disebutkan dalam surah ad-Dukhan [44] ayat 51 yang berbunyi:

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ مَقَامٍ اَمِيْنٍۙ ٥١

Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.”

14. Al-Gufrah

Nama surga dalam Al-Qur’an yang keempat belas ialah al-Gufrah atau tempat tinggal yang tinggi. Nama ini disebutkan dalam surah al-Furqan [25] ayat 75:

 “Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas kesabaran mereka, dan di sana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam.”

15. Maq’adi Sidqi

Nama surga dalam Al-Qur’an yang terakhir adalah Maq’adi Sidqi. Nama ini disebutkan dalam surah al-Qamar [54] ayat 55 yang berbunyi:

فِيْ مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيْكٍ مُّقْتَدِرٍ ࣖ ٥٥

Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Mahakuasa.”

Muhammad Rafi
Penyuluh Agama Islam Kemenag kotabaru, bisa disapa di ig @rafim_13
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Tafsir Isyari dalam Karya KH. Ahmad Asrori al-Ishaqi

Tafsir Isyari Lafaz Basmalah Menurut KH. Achmad Asrori al-Ishaqi

0
Sebagai salah satu jenis pendekatan dalam menguak makna Alquran, pendekatan sufistik saat ini semakin banyak digemari oleh para sarjana dan peneliti Alquran. Meskipun pada...