โMaka diumumkanlah ke seluruh jaga. Dan ke seluruh bumi kita ini. Hamilnya Aminah seorang bayi. Yang disebut nur hakiki asli.โ
Adalah potongan lirik dari lagu berjudul Menyambut Kelahiran Nabi. Lagu yang dipopulerkan oleh Hj. Alfiyah dan grup musik Nasida Ria yang diciptakan oleh H. Muhammad Zain. Buah adaptasi karya maulid Al-Barzanjiy atau โAqd al-Jauhar fi Maulid al-Nabiyy al-Azhar karangan Sayyid Jaโfar bin Hasan bin โAbd al-Karim al-Barzanjiy.
Dalam setiap event maulid, lagu ini dahulu sering kali disampaikan oleh Allahu yarham Simbah KH. Maโruf Irsyad Kudus. Beliau, Mbah Maโruf, merupakan satu dari sekian banyak kiai yang menyiarkan selawat berikut acara muludan atau perayaan maulid Nabi shallallahu โalaihi wa sallama melalui panggung mauโidzah. Diantara dalil yang beliau sebutkan adalah Surah Al-Fiil [105]: 1-5,
ุฃูููู ู ุชูุฑู ูููููู ููุนููู ุฑูุจูููู ุจูุฃูุตูุญูุงุจู ุงููููููู (1) ุฃูููู ู ููุฌูุนููู ููููุฏูููู ู ููู ุชูุถูููููู (2) ููุฃูุฑูุณููู ุนูููููููู ู ุทูููุฑูุง ุฃูุจูุงุจูููู (3) ุชูุฑูู ููููู ู ุจูุญูุฌูุงุฑูุฉู ู ููู ุณูุฌููููู (4) ููุฌูุนูููููู ู ููุนูุตููู ู ูุฃูููููู (5)
โTidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia. dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong. yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar. sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).โ
Dalam ulasannya, beliau menyebutkan bahwa Imam Jalalain menafsirkan surah ini dengan taโdziman li maulid al-nabiyy. Bahwa penghancuran tentara Abrahah yang hendak menyerang kota Makkah merupakan bentuk pengagungan terhadap kelahiran Nabi Saw. Dan mengagungkan kelahiran Nabi Saw. adalah esensi dari perayaan maulid. Sehingga dengan kata lain, Allah Swt. pun turut merayakan kelahiran Nabi saw.
Lebih lanjut menurut beliau, menukil dari Imam Al-Qurthubiy dalam kitab Sulaiman al-Jamal, peristiwa penghancuran tentara Abrahah ini bahkan tidak terjadi tepat pada bulan Rabiโul Awwal, melainkan 50 hari sebelum kelahiran Nabi Muhammad saw., atau tepatnya pada tanggal 22 Muharram. Hal ini sekaligus menjadi dalil bahwa peringatan maulid Nabi saw. tidak harus dilaksanakan pada bulan Rabiโul Awwal atau bulan maulid.
Baca juga: Inilah Potret Perayaan Maulid Nabi dalam Al-Quran
Yang menarik adalah, setelah penulis melakukan penelusuran terhadap dalil yang disebutkan oleh Mbah Maโruf ini, penulis tidak dapat menjumpainya. Jika ulasan yang disebutkan sebelumnya bersumber dari Imam Jalalain, maka kemungkinan keberadaannya ada dalam Tafsir al-Jalalain, Surah Al-Fiil. Nyatanya, redaksi taโdziman li maulid al-nabiyy atau redaksi lain yang senada tidak disebutkan di sana.
Satu-satunya redaksi yang memberikan petunjuk kepada aspek pengagungan hari kelahiran Nabi saw. adalah redaksi,
ููููุงูู ููุฐูุง ุนูุงู ู ู ูููููุฏู ุงููููุจูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โDan peristiwa ini (penghancuran tentara Abrahah) terjadi pada tahun kelahiran Nabi saw.โ
Redaksi sederhana ini, yang menjelaskan bahwa peristiwa โgajahโ terjadi pada tahun kelahiran Nabi saw., sejatinya berusaha menunjukkan bahwa esensi dari Surah Al-Fiil adalah irhash kenabian Nabi saw. Peristiwa โajaibโ di luar nalar dan kemampuan manusia biasa bagi mereka โcalonโ Nabi dan Rasul. Hal ini sebagaimana dapat ditemukan dalam pembahasan Wahbah al-Zuhailiy dalam tafsirnya,
ููุฅููููููุง ู ููู ุงููุฅูุฑูููุงุตูุงุชู ููุฃููููููุง ููููุนูุชู ููู ุงูุณููููุฉู ุงูููุชูู ููููุฏู ููููููุง ุงูุฑููุณูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู
โSesungguhnya peristiwa tersebut (penghancuran tentara Abrahah) merupakan bagian dari irhash kenabian, karena ia terjadi pada tahun di mana Rasul saw. dilahirkan.โ
Pemahaman Mbah Maโruf ini cukup unik mengingat dalam pencarian sederhana yang penulis lakukan belum menjumpai redaksi yang secara sharih dalam tafsir-tafsir Al-Qurโan yang menyebutkan unsur pengagungan kelahiran Nabi saw. Karena selain aspek irhash yang telah penulis sebutkan sebelumnya, tafsir surah ini justru lebih menyorot pada aspek pengagungan Kaโbah, dan bukan pada Nabi saw.
Sehingga jika menggabungkan pemahaman Mbah Maโruf ini dengan konsep irhash, dapat disimpulkan bahwa setiap bentuk irhash kenabian Nabi saw. merupakan bentuk perayaan dan pengagungan Allah Swt. atas kelahiran Nabi saw. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa Allah Swt. pun merayakan maulid.
Dan dengan demikian, riwayat-riwayat lain yang disebutkan, misalnya, Al-Barzanjiy pada chapter keenam kitab maulidnya, padamnya api sesembahan Bangsa Persia atau kejatuhan kerajaan Kisra serta peristiwa ajib lainnya, juga mempunyai nilai yang sama, yakni taโdziman li maulid al-nabiyy shallallahu โalaihi wa salllama. Wallahu aโlam bi al-shawab. []
Baca juga: Dalil Maulid Nabi dalam Al-Quran (1): Surah Yunus Ayat 58