Kehadiran karya-karya Tafsir Tarbawi dalam konteks Indonesia tentu tidak bisa dilepaskan begitu saja dari latar bekalang penulis atau mufasirnya. Sebagai sebuah tafsir yang bernuansa pendidikan, umumnya para mufasir Tafsir Tarbawi adalah seorang akademisi dan dosen di perguruan tinggi Islam. Rata-rata dari mereka sudah menyelesaikan studi pada program doktoral. Bahkan beberapa di antaranya telah menyabet gelar profesor atau guru besar.
Disiplin keilmuan yang digeluti oleh para penulis Tafsir Tarbawi di sini cukup beragam. Ada yang berlatar belakang studi tafsir Al-Quran, ilmu pendidikan, bahasa Arab, perbandingan madzhab hingga ekonomi Islam. Walau secara umum mereka semua masih tetap dalam ranah dan mendalami kajian keislaman.
Masih satu paket dengan tulisan sebelumnya, Khazanah Tafsir Tarbawi Di Indonesia (1): Embriologi dan Perkembangannya, kali ini saya akan mencoba mengulas lebih jauh bagaimana background keilmuan dari para mufasir Tafsir Tarbawi tersebut.
Dari Bermacam Disiplin Keilmuan
Surahman dalam kajiannya, Tafsir Tarbawi di Indonesia mencatat setidaknya ada enam penulis Tafsir Tarbawi yang akrab dengan ilmu Al-Quran dan tafsir karena mereka sendiri pernah mengenyam pendidikan di bidang tafsir atau ulum al-Qur’an, baik pada tingkat sarjana, magister atau doktor. Mereka antara lain adalah Nurwajdah Ahmad E.Q, Ahmad Munir, Ahmad Izzan, Salman Harun, Nanang Gojali, dan Kadar M. Yusuf.
Walau begitu, bukan berarti mufasir-mufasir yang tidak memiliki latar belakang ilmu Al-Quran dan tafsir lantas awam terhadap kajian ilmu Al-Quran maupun tafsir. Sebut saja seperti Abuddin Nata, meski belum pernah mengambil konsentrasi ilmu tafsir Al-Quran pada pendidikan formalnya, tapi kapasitasnya di bidang kajian Al-Quran patut diperhitungkan. Ini dibuktikan dengan satu karyanya yang berkaitan dengan ulum al-Qur’an berjudul Al-Quran dan Hadits (Dirasah Islamiyah I). Bagaimanapun, ini menunjukkan bahwa Nata memahami seluk beluk ilmu tafsir Al-Quran serta bagaimana cara menafsirkan Al-Quran.
Begitu pula dengan Rosidin, Dedeng Rosidin dan Aam Abdussalam. Ketiganya secara formal konsen di bidang pendidikan Islam, tetapi mereka juga melalukan tinjauan terhadap perspektif Al-Quran. Belum lagi mereka kuat dalam penguasaan bahasa Arab, sebagai modal utama untuk menafsirkan Al-Quran. Sangat ganjil kalau seumpama mereka dikatakan tabu dan tidak menguasai ulum al-Qur’an. Asumsi ini diperkuat dengan karya dan aktifitas mereka. Misalnya Aam Abdussalam, selain aktif mengajar mata kuliah tafsir Al-Quran di kampus, ia juga seringkali ditunjuk menjadi salah satu dewan juri ajang Musabaqah Sharhil Qur’an (MSQ) tingkat Jawa Barat.
Selain dari yang sudah disebutkan di atas, mufasir-mufasir Tafsir Tarbawi secara formal tidak menempuh pendidikan formal di bidang tafsir dan tidak pula menekuni kajian tafsir. Tampaknya kemampuan dan keilmuan mereka ditopang oleh penguasaan bahasa Arab yang kuat seperti Akhmad Alim, Syukri, dan Mahyudin. Selain itu, mungkin juga mereka menyusun Tafsir Tarbawi atau tafsir terkait pendidikan lantaran sempat terlibat langsung dalam pengajaran mata kuliah Tafsir Tarbawi. Sedikit banyak mereka pasti mempelajari, mendalami, dan mengerti seputar tafsir Al-Quran.
Dalam data Surahman, mayoritas dari mufasir-mufasir Tafsir Tarbawi adalah dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS), baik di lingkungan kementerian Agama ataupun kementerian pendidikan (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi/Ristek Dikti). Sisanya adalah para pengajar di kampus-kampus swasta. Seperti Muh. Anis yang berstatus sebagai pengajar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Akhmad Alim pengajar di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, dan Arief Hidayat Afendi pengajar di Universitas Muhammadiyah Cirebon
Baca juga: Dinamika Perkembangan Tafsir Indonesia: Dari Masuknya Islam hingga Era Kolonialisme
Mufasir Tafsir Tarbawi dan Latar Belakang Pendidikannya
Untuk mengetahui peta background keilmuan para mufasir Tafsir Tarbawi di Indonesia bisa dilihat dari tabel berikut ini:
No | Nama Mufasir | Pendidikan |
1 | Abuddin Nata | S1 Pendidikan Islam IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
S2 Pendidikan Islam IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta S3 Pendidikan Islam IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta |
2 | Nurwajdah Ahmad E.Q | S1 Pendidikan Agama Islam IAIN Bandung
S2 Tafsir Al-Quran IAIN Jakarta S3 Tafsir Al-Quran IAIN Jakarta |
3 | Ahmad Munir | S1 Syariah/Tafsir Hadis IAIN Ar-Raniry Aceh
S2 Tafsir Hadis IAIN Ar-Raniry Aceh S3 Pengkajian Islam UIN Jakarta |
4 | Ahmad Izzan | S1 Perbandingan Agama ISID Gontor
S2 Studi Al-Quran UIN Bandung S3 Studi Tafsir UIN Jakarta |
Saehuddin | S1 Tafsir Hadis UIN Bandung | |
5 | Suteja | (tidak terlacak) |
6 | Muh. Anis | (tidak terlacak) |
7 | Salman Harun | S1 Bahasa Arab Tadris IAIN Jakarta
Post Graduate Program Universiteit Leiden Belanda S3 Tafsir Al-Quran IAIN Jakarta |
8 | Nanang Gojali | S1 Pendidikan Agama Islam IAIN Bandung
S2 Tafsir dan Ulumul Qur’an IAIN Alaludin Makasar S3 Hukum Islam UIN Bandung |
9 | Rosidin | S1 Pendidikan Agama Islam STAIMA al-Hikam Malang
S2 Pendidikan Islam STAIMA al-Hikam Malang S3 Dirasah Islamiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya |
10 | Kadar M. Yusuf | S1 Bahasa Arab IAIN Pekanbaru
S2 Tafsir Al-Quran IAIN Pekanbaru S3 Univercity Kebangsaan Malaysia |
11 | Akhmad Alim | S1 LIPIA Jakarta
S2 UM Surakarta S3 Pendidikan Islam UIKA Bogor |
12 | Dedeng Rosidin | S1 Bahasa Arab IKIP Bandung
S2 Pendidikan Islam IAIN Sunan Gunung Djati Bandung S3 Pendidikan Islam IAIN Sunan Gunung Djati Bandung |
13 | Mahmud Arif | S1 Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
S2 Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta S3 Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
14 | Syukri | S1 Bahasa Arab IAIN Sunan Ampel Surabaya
S2 UIN Malik Malang S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |
15 | Arief Hidayat Afendi | S1 Perbandingan Madzhab Hukum UIN Bandung
S2 Studi Islam UIN Bandung |
16 | Listiawati | S1 Syariah IAIN Yogyakarta
S2 Ekonomi Islam IAIN Palembang S3 Ekonomi Islam UIN Jakarta |
17 | Aam Abdussalam | S1 Bahasa Arab IKIP Bandung
S2 Pendidikan Umum IKIP Bandung S3 Pendidikan Islam UIN Bandung |
18 | Mahyudin | S1 Pendidikan Agama Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya
S2 UNISMA Malang S3 UIN Sunan Ampel Surabaya |
Wallahu a’lam []
Baca juga: Mengenal Kitab Tafsir Indonesia yang Lahir dari Ruang Akademik