Beranda Download Download Tafsir Ibnu Katsir, Kitab Tafsir Advance bagi Para Santri

Download Tafsir Ibnu Katsir, Kitab Tafsir Advance bagi Para Santri

Selain Tafsir Jalalain yang merupakan kitab tafsir intermediate di kalangan santri, Tafsir Ibnu Katsir merupakan kitab tafsir yang juga cukup banyak dikaji. Dalam Musabaqah Qiraatil Kutub, Tafsir Ibnu Katsir menjadi kitab yang dilombakan dalam tingkat ulya. Selain tentunya Tafsir Jalalain dalam tingkat wustha. Artikel ini akan mencantumkan link download Tafsir Ibnu Katsir yang dapat diakses secara gratis dalam bentuk pdf.

Tafsir al-Qur’an al-‘Adzhim atau Tafsir Ibnu Katsir adalah salah satu kitab tafsir yang terkenal. Dikatakan bahwa kitab ini merupakan kitab nomer dua setelah kitab tafsir karangan Ibn Jarir al-Thabari. Sebagai kitab tafsir bil ma’tsur, Tafsir al-Qur’an al-‘Adzhim memuat banyak sekali riwayat penafsiran salaf.

Hal yang cukup menarik dari kitab tafsir karangan al-Imam al-Jalil al-Hafidz Imaduddin Ibn Katsir ini ialah pada bagian pendahuluannya yang panjang. Di dalamnya, Ibn Katsir menuliskan semacam pengantar mengenai ilmu al-Qur’an dan tafsir. Namun setelah ditelusuri ternyata sebagian besar isinya merupakan salinan dari tulisan gurunya, Ibn Taimiyah, yang bisa dilihat dalam kitab Muqaddimah fi Ushul al-Tafsir.

Dari sisi isi penafsirannya, Ibn Katsir menuliskan penafsiran dengan kalimat yang mudah serta diperingkas. Adapun jika ditilik dari sisi metodologi penafsirannya, Ia biasanya melakukan penafsiran dengan metode tafsirul qur’an bil qur’an. Lalu menambahkan riwayat-riwayat yang sesuai dengan pembahasan ayat baik berupa hadis maupun atsar.

Ibn Katsir tidak hanya mengutip dan menempelkan riwayat dalam penafsirannya, ia juga menerapkan analisis kritis terhadapnya dengan mengomentari dari sisi validitasnya. Hal ini menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang yang menguasai keilmuan hadis. Selanjutnya ia juga mengutip dari kitab-kitab para mufassir pendahulunya seperti Ibn Jarir.

Keistimewaan Tafsir Ibnu Katsir diulas oleh Ali Ash-Shabuni yang kemudian melahirkan karya kitab mukhtashar Tafsir Ibn Katsir. Menurutnya, keistimewaan kitab tafsir ini adalah sebab kitab ini menggunakan metode tafsir bi al-ma’tsur (menafsirkan al-Qur’an dengan al-Qur’an, sunah, pendapat para sahabat, dan tabiin) dengan ungkapan yang jelas dan mudah dan memadukannya dengan tafsir bi al-ra’y (tafsir dengan penalaran akal). Beliau menguatkan klaimnya dengan mengutip pendapat As-Suyuthi yang menyatakan “Belum pernah disusun tulisan yang sepadan dengan gaya tafsir ini”.

Para Pembaca dapat melakukan download Tafsir Ibnu Katsir sebanyak 8 jilid melalui link yang tertera di bawah ini

Jilid 1
Jilid 2
Jilid 3
Jilid 4
Jilid 5
Jilid 6
Jilid 7
Jilid 8

Redaksihttp://tafsiralquran.id
Tafsir Al Quran | Referensi Tafsir di Indonesia
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

tentang fitnah

Penjelasan tentang Fitnah Lebih Kejam daripada Pembunuhan

0
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata fitnah diartikan sebagai perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama...