Beranda Ilmu Tajwid Hukum Iqlab dalam Nun Mati dan Tanwin Beserta Contohnya

Hukum Iqlab dalam Nun Mati dan Tanwin Beserta Contohnya

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai hukum idgham disertai pembagian dan juga contohnya dalam Al-Quran. Artikel ini akan melanjutkan penjelasan yang ketiga terkait hukum Iqlab dalam lingkup nun mati dan tanwin. Syekh Sulaiman al-Jamzuri menerangkan hukum iqlab dalam Tuhfat al-Athfal sebagai berikut:

و الثالث الإقلاب عند الباء # ميما بغنة مع الإخفاء

Ketiga adalah hukum iqlab, hurufnya adalah ba’. Dibaca mim dengan ghunnah serta samar.

Menurut Syekh Hasan Dimasyqi dalam bukunya Taqrib al-Manal bi Syarh Tuhfat al-Athfal, iqlab secara bahasa adalah mengubah sesuatu dari asalnya atau mengubah sesuatu yang jelas dengan yang samar (tahwil al-syai’i ‘an wajhih wa tahwil al-syai’ dzahran li bathnin).

Baca Juga: Hukum Nun Mati dan Tanwin: Hukum Idzhar Dilengkapi dengan Contoh dalam Al-Quran

Sedangkan secara bahasa, Hukum Iqlab adalah menjadikan suatu huruf di tempat huruf yang lain (ja’lu harfin makana akhar). Dalam definisi lain yakni mengganti huruf nun atau tanwin dengan mim lalu menghilangkannya untuk menjaga ghunnah (qalbu nun au tanwin miman ma’a khafa’ li mura’at al-ghunnah).

Penempatan nun sukun atau tanwin diganti dengan mim ketika bertemu huruf  iqlab yaitu ba’ adalah dalam satu kata maupun dalam dua kata yang berbeda. Adapun contoh bacaannya dalam Al-Quran adalah sebagai berikut:

Dalam satu kata yang sama terdapat dalam Surah Al-Baqarah ayat 33:

قَالَ يَا آدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ

Yang menjadi contoh adalah dalam kata Anbi’hum dibaca menjadi Ambi’hum huruf nun diganti dengan mim karena terdapat hukum iqlab yaitu nun sukun bertemu dengan huruf ba’ sebagai huruf iqlab.

Baca Juga: Hukum Idgham dalam Nun Mati dan Tanwin beserta Contohnya dalam Al-Quran

Kemudian contoh dalam dua kata yang berbeda terdapat dalam Surah Luqman ayat 28:

مَا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ

Yang menjadi contoh hukum iqlab adalah pada kalimat sami’un bashir dibaca menjadi sami’um bashir huruf nun yang terdapat pada kata samii’un diganti dengan huruf mim karena berlaku iqlab, tanwin bertemu dengan huruf ba’.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai hukum iqlab, definisinya, beserta contohnya dalam Al-Quran. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

Wildan Imaduddin Muhammad
Redaktur tafsiralquran.id dan peneliti di el-Bukhari Institute
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Tafsir Ahkam: Serba-Serbi Kesunnahan Memotong Kuku dalam Islam

Tafsir Ahkam: Serba-Serbi Kesunnahan Memotong Kuku dalam Islam

0
Islam memberikan perhatian terhadap kebersihan dan kerapian penampilan. Ini ditunjukkan dengan disyariatkannya kesunnahan memotong kuku. Aktivitas memotong kuku, meski tampak remeh, memperoleh perhatian dalam...