Dialektika yang terjadi antara Alquran dan pembacanya di era awal tak jarang menjadi âpembentukâ narasi Alquran itu sendiri. Literatur ilmu Alquran menyebut hal tersebut sebagai sabab nuzul atau sebab turunnya ayat Alquran.
Di antara sekian banyak ayat yang memiliki sabab nuzul, ada setidaknya dua himpunan ayat yang cukup populer di kalangan pegiat kajian Alquran, ayat khamr dan riba. Kejelasan dinamika yang terjadi agaknya menjadi alasan yang cukup kuat bagi popularitas keduanya, terutama berkaitan dengan masalah tasyriâ yang memiliki persinggungan yang cukup erat.
Baca juga: Konsep Taaddud As-Sabab Wa An-Nazil Wahid di Dalam Ulumul Al-Quran (Bagian 2)
Di luar âdominasiâ dua tema tersebut, penulis mendapati sebuah riwayat dalam teks kitab al-âUshfuriyyah yang berisi penjelasan urutan turunnya ayat pahala bersedekah. Menjadi menarik karena teks kitab tersebut merupakan teks yang berasal dari âluarâ tradisi kajian Alquran. Seberapa menariknya riwayat tersebut? Mari kita simak ulasannya.
al-âUshfuriyyah
al-âUshfuriyyah atau al-Mawaâidz al-âUshfuriyyah adalah teks kitab yang berisi petuah-petuah (al-mawaâidz) bijak yang disajikan dengan metode riwayah, entah itu berasal dari hadis, atsar, atau bahkan kisah para ulama di masa lalu. Kitab tersebut ditulis oleh Syekh Muhammad bin Abu Bakr al-âUshfuriy.
Ukuran kitabnya yang cukup tipis agaknya memiliki relevansi terhadap nama yang disematkan, yang merupakan nisbat dari kata âushfur, yang secara literal berarti burung kecil. Mungkin juga âushfur yang dimaksud merupakan nisbat kepada penulisnya, wallahu aâlam, penulis belum mendapati alasannya secara pasti.
Kitab ini sejatinya merupakan syarah dari kompilasi hadis yang teramat masyhur yang disebut dengan al-Arbaâin, atau kompilasi berisi 40 hadis. Namun demikian, penulis juga belum mendapati Arbaâin versi siapa yang dipilih sebagai teks primer. Hal ini mengingat terdapat banyak versi kitab Arbaâin.
Sabab Nuzul Ayat Sedekah
Riwayat yang penulis temukan dalam teks kitab tersebut, yang menjadi inti pembahasan tulisan ini merupakan riwayat yang diberikan oleh Abdullah bin âUmar. Riwayat ini berada di bawah hadis pokok Arbaâin ke 11, dari Jaâfar bin Muhammad tentang sedekah yang dilakukan oleh Sayyidina âAli ra. Secara lengkap, riwayat tersebut berbunyi:
ÙÙ۱ÙÙÙÙÙ ŰčÙÙÙ ŰčÙŰšÙŰŻÙ Ű§ÙÙÙÙ ŰšÙÙÙ ŰčÙÙ ÙŰ±Ù Ű±Ù۶ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙ ŰčÙÙÙÙÙÙ Ùۧ ÙÙÙ ÙÙۧ ÙÙŰČÙÙÙŰȘÙ Ù۰ÙÙÙ Ű§ÙŰąÙÙŰ©Ù ÙÙÙ ÙÙÙ ÙÙŰčÙÙ ÙÙÙ Ù ÙŰ«ÙÙÙۧÙÙ Ű°Ù۱ÙÙŰ©Ù ŰźÙÙÙ۱Ùۧ ÙÙ۱ÙÙÙ ÙÙÙÙŰȘÙ ÙÙۧ۱ÙŰšÙÙ Ù۰Ùۧ ÙÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙ ŰÙÙÙÙ ŰŁÙ ÙÙŰȘÙÙ ÙÙۧÙÙ Ű§ÙÙÙÙ ŰčÙŰČÙÙ ÙÙŰŹÙÙÙÙ Ű„ÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙÙŰȘÙ Ù۰Ùۧ ÙÙÙÙŰȘÙÙÙÙÙ Ű§ÙŰÙŰłÙÙÙŰ©Ù Ű§ÙÙÙۧŰÙŰŻÙŰ©Ù ŰšÙŰÙŰłÙÙÙŰȘÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙÙÙ ŰȘÙŰčÙۧÙÙ Ű§ÙÙŰŠÙÙÙ ÙÙŰ€ÙŰȘÙÙÙÙÙ ŰŁÙŰŹÙ۱ÙÙÙÙ Ù Ù Ù۱ÙÙŰȘÙÙÙÙÙ ŰšÙÙ Ùۧ Ű”ÙŰšÙ۱ÙÙÙۧ ÙÙÙÙŰȘÙ ÙÙۧ۱ÙŰšÙÙ Ù۰Ùۧ ÙÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙ ŰÙÙÙÙ ŰŁÙ ÙÙŰȘÙÙ ÙÙۧÙÙ ÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙ ŰšÙŰÙŰłÙÙÙŰ©Ù ÙÙۧŰÙŰŻÙŰ©Ù ŰčÙŰŽÙŰ±Ù ŰŁÙÙ ÙŰ«ÙۧÙÙÙÙۧ ÙÙÙÙÙÙÙÙ ŰȘÙŰčۧÙÙ Ù ÙÙÙ ŰŹÙŰ§ŰĄÙ ŰšÙۧÙÙŰÙŰłÙÙÙŰ©Ù ÙÙÙÙÙÙ ŰčÙŰŽÙŰ±Ù ŰŁÙÙ ÙŰ«ÙۧÙÙÙÙۧ ÙÙÙÙŰȘÙ ÙÙۧ۱ÙŰšÙÙ Ù۰Ùۧ ŰŁÙÙÙ۶Ùۧ ÙÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙ ŰÙÙÙÙ ŰŁÙ ÙÙŰȘÙÙ ÙÙۧÙÙ Ű§ÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙ ŰšÙŰÙŰłÙÙÙŰ©Ù ÙÙۧŰÙŰŻÙŰ©Ù ŰłÙŰšÙŰčÙÙ ÙۧÙŰŠŰ©Ù ÙÙÙÙÙÙÙÙ ŰȘÙŰčÙۧÙÙ Ù ÙŰ«ÙÙÙ Ű§Ù۰ÙÙÙÙÙ ŰšÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙ ŰŁÙÙ ÙÙÙۧÙÙÙÙÙ Ù ÙÙÙÙ ŰłÙŰšÙÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙ ÙÙÙ ÙŰ«ÙÙÙ ŰÙŰšÙÙŰ©Ù ŰŁÙÙÙŰšÙŰȘÙŰȘÙ ŰłÙŰšÙŰčÙ ŰłÙÙÙۧۚÙÙÙ ÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙ ŰłÙÙÙŰšÙÙÙŰ©Ù Ù ÙۧۊÙŰ©Ù ŰÙŰšÙÙŰ©Ù ÙÙۧÙÙÙÙ ÙÙ۶ÙۧŰčÙÙÙ ÙÙÙ ÙÙÙ ÙÙŰŽÙŰ§ŰĄÙ ÙÙۧÙÙÙÙ ÙÙۧ۳ÙŰčÙ ŰčÙÙÙÙÙÙ Ù ÙÙۧÙÙ Ű±ÙŰłÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙ Ű”ÙÙ Ű§ÙÙÙ ŰčÙÙÙ ÙŰłÙÙ ÙÙۧ۱ÙŰšÙÙ ŰČÙŰŻÙ ÙÙŰŁÙÙ ÙÙŰȘÙÙ ÙÙÙÙŰČÙÙÙŰȘÙ ÙŰ°Ù Ű§ÙŰąÙŰ© Ù ÙÙÙ Ű°Ùۧ ۧÙÙÙ۰ÙÙ ÙÙÙÙ۱ÙŰ¶Ù Ű§ÙÙÙÙ ÙÙ۱Ù۶Ùۧ ŰÙŰłÙÙÙۧ ÙÙÙÙ۶ÙۧŰčÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙ ŰŁÙ۶ÙŰčÙۧÙÙۧ ÙÙŰ«ÙÙÙ۱ÙŰ©Ù ÙÙۧÙÙ Ű±ÙŰłÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙ Ű”ÙÙ Ű§ÙÙÙ ŰčÙÙÙ ÙŰłÙÙ Ùۧ۱ۚ ŰČÙŰŻÙ ÙÙŰŁÙÙ ÙÙŰȘÙÙ ÙÙÙÙŰČÙÙÙŰȘÙ ÙŰ°Ù Ű§ÙŰąÙŰ© Ű„ÙÙÙÙÙ Ùۧ ÙÙÙÙÙÙÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙۧۚÙ۱ÙÙÙÙÙ ŰŁÙŰŹÙ۱ÙÙÙÙ Ù ŰšÙŰșÙÙÙŰ±Ù ŰÙŰłÙۧۚÙ.
âDiriwayatkan dari âAbdullah bin âUmar r.a., ketika ayat 7 dari surah Al-Zalzalah [99] turun, Saya (Rasulullah) berkata, â(Pahala) ini (terlalu) sedikit untuk umatku.â Allah bersabda, âJika engkau menganggap sedikit hal ini maka satu kebaikan akan bernilai dua kebaikan (surah Al-Qashash [28]: 54)â. Saya (Rasulullah) berkata, â(Pahala) ini (terlalu) sedikit untuk umatku.â Allah bersabda, âMaka satu kebaikan akan bernilai sepuluh kebaikan (surah Al-Anâam [6]: 160)â. Saya (Rasulullah) berkata, â(Pahala) ini juga (terlalu) sedikit untuk umatku.â Allah bersabda, âMaka satu kebaikan akan bernilai 700 kebaikan (surah Al-Baqarah [2]: 261)â. Rasulullah saw. berkata, âYa Tuhanku, tambahkanlah untuk umatkuâ, maka turun ayat 245 dari surah Al-Baqarah [2]. Rasulullah saw. berkata, âYa Tuhanku, tambahkanlah untuk umatkuâ, maka turun ayat 10 dari surah Az-Zumar [39].â
Dari riwayat tersebut diketahui bahwa pahala bersedekah setidaknya terangkum dalam kandungan enam ayat Alquran. Keenam ayat tersebut secara berturut-turut sesuai dengan riwayat yang ada adalah surah Azzalzalah [99]: 7, surah Alqashash [28]: 54, surah Alanâam [6]: 160, surah Albaqarah [2]: 261, surah Albaqarah [2]: 245, dan surah Azzumar [39]: 10.
Baca juga: Tafsir Surah Albaqarah Ayat 215: Skala Prioritas dalam Sedekah
Menarik jika urutan ini diperbandingkan dengan literatur mainstream dalam kajian Alquran, misalnya seperti al-Tafsir al-Hadits: Tartib al-Suwar Hasb al-Nuzul karya Muhammad âIzzah Darwazah. Dalam tafsirnya tersebut, âIzzah menyebutkan bahwa enam ayat tersebut turun dengan urutan sebagai berikut: surah Alqashash [28]: 54, surah Alanâam [6]: 160, surah Azzumar [39]: 10, surah Azzalzalah [99]: 7, dan dua ayat dari surah Albaqarah [2].
Selain itu, riwayat tersebut juga memiliki âlatar belakang ceritaâ yang cukup berbeda dari literatur mainstream kajian Alquran. Riwayat tersebut dengan jelas menceritakan perbincangan âtawar-menawarâ Rasulullah dengan Allah. Terlepas dari setting waktu yang sebenarnya terjadi memiliki interval yang cukup panjang, atau memang sekejap, sesuai perbincangan yang ada.
Baca juga: Semangat Filantropi dalam Al-Quran dan Keadilan Ekonomi
Sementara dalam literatur mainstream seperti milik Wahbah al-Zuhailiy, al-Tafsir al-Munir, dijelaskan bahwa penurunan surah Azzalzalah [99] ayat 7 dilatarbelakangi oleh pertentangan antara amal kebaikan yang sedikit dengan perbuatan dosa kecil. Allah lebih menyukai amal kebaikan walaupun itu kecil, sebagaimana dinukil dari Muqatil bin Sulaiman.
Kemudian pada surah Alqashash [28] ayat 54, turunnya ayat tersebut dilatarbelakangi oleh sekelompok sahabat ahli kitab yang berada dalam kebenaran di masa Jahiliyah, lantas beriman ketika Rasulullah diutus. Mereka mendapatkan dua pahala, pahala sebelum beriman dan pahala setelah beriman. Begitu pula dengan empat ayat sisanya.

















