Beranda Berita Belajar Tafsir dari Youtube? Berikut 9 Daftar Rekomendasi Pengajiannya! (Part 1)

Belajar Tafsir dari Youtube? Berikut 9 Daftar Rekomendasi Pengajiannya! (Part 1)

Ngaji Online menjadi tradisi yang lumrah dan semarak saat menjalani era kenormalan baru. Berbagai pengajian yang ada, menyajikan ragam materi mulai dari fiqih, tasawuf, hingga tafsir. Youtube merupakan salah satu platform yang menyajikan keragaman pengajian itu semua. Tentu di tengah keramaian ‘pasaraya youtube’ itu, perlu adanya pilah-pilih agar belajar tafsir dari youtube pun tetap bereferensi dengan kitab tafsir yang otoritatif dan ulama yang mumpuni.

Dalam artikel ringan ini, ada beberapa pengajian yang cocok dan recommended untuk para pembelajar tafsir. Daftar pengajian ini berdasarkan nama ulama, bukan berdasarkan nama channelnya. Karena banyak sekali rekaman pengajian seorang ulama tersebar di berbagai channel youtube. Bahkan, ulama yang sudah wafat pun ceramahnya masih dapat kita akses dan dengarkan. Berikut beberapa rekomendasi pengajian untuk belajar tafsir dari youtube.

  1. KH. Maimoen Zubair

Mbah Moen merupakan salah satu ulama yang pengajian tafsirnya tercecer di berbagai kanal youtube. Secara rihlah keilmuan, Mbah Moen belajar kepada abahnya sendiri KH. Zubair, kemudian di Lirboyo, Mekkah, dan berbagai pesantren di Jawa. Karena kedalaman ilmunya, kyai yang menjunjung tinggi nasionalisme ini memang menjadi rujukan berbagai kalangan, dari santri hingga petinggi negeri. Maka dari itu, beberapa pengajian beliau di youtube masih sangat layak kita dengarkan.

Baca juga: Amalan Untuk Mengatasi Krisis Kepercayaan Diri dalam Al-Quran

Salah satu kanal yang menyimpan ceramah tafsir Mbah Maimoen adalah Kang Santri. Meski hanya 13 video, namun ini tetap menarik untuk didengarkan. Mbah Moen menjelaskan dengan gaya khas pesantren Jawa, yakni membaca potongan ayat dan memaknainya dengan bahasa Jawa. Menariknya, di pengajian ini Mbah Moen sering berinteraksi dengan para jamaahnya dan mengulang-ngulang pesan yang penting.

  1. KH. Muhammad Sya’roni Ahmadi

Kyai Sya’roni merupakan salah satu ulama kharismatik di Kudus. Ia merupakan sosok yang ahli dalam ilmu-ilmu Al-Qur’an dan murid dari KH. Arwani Amin Kudus. Salah satu peran pentingnya adalah mentashih dan mengoreksi mushaf Menara Kudus yang banyak digunakan santri untuk menghafal Al-Qur’an. Peran ini dikerjakan bersama KH. Arwani Amin dan KH. Hisyam Hayat yang akhirnya disahkan Kemenag tahun 1974.

Salah satu kanal youtube yang banyak menampung pengajiannya yaitu Kudus Top dan Official Menara Kudus. Pengajian di kanal Kudus Top menyimpan 194 video yang mencakup video-video lama Kyai Sya’roni. Sementara di kanal Official Menara Kudus, banyak menyimpan pengajian live yang terbaru, yakni setahun terakhir. Menariknya, gaya pengajian tafsirnya dilengkapi contoh-contoh pelafalan qiraah sab’ah dan secara umum, pengaiannya menggunakan pengantar bahasa Jawa.

  1. Prof Dr. Quraish Shihab

Kepakaran Prof. Quraish Shihab dalam bidang tafsir tentu menjadi alasan mengapa kita perlu menyimak pengajian-pengajian beliau. Menulis dan ceramah adalah hal yang terus dilakukannya untuk menyampaikan ilmu-ilmu keagamaan berbasis Al-Qur’an. Selain mendirikan Pusat Studi Al-Qur’an, banyak sekali pengajiannya yang tersebar di youtube. Kanal Quraish Shihab  adalah wadah resmi yang menaungi ceramah-ceramah beliau, baik dengan gaya tafsir tematik maupun tafsir tahlili.

Baca juga: Prinsip Tafsir Husein Muhammad dalam Ayat Relasi Laki-laki dan Perempuan (1)

Dalam channel ini, ada banyak playlist tematik baik tentang ibadah, hukum, tasawuf dan lainnya. kemudian ada juga khusus pengajian Tafsir Al-Misbah yang sudah mencapai 31 video. Saat ini, Prof Quraish Shihab rutin membuat podcast.

  1. KH. Musta’in Syafi’i

Kyai Musta’in Syafi’i merupakan Mudir Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang. Kiprahnya dalam dunia tafsir memberikan warna yang berbeda. Rubrik tafsirnya di Harian Bangsa/ bangsaonline.com dikenal masyarakat luas untuk memudahkan memahami makna Al-Qur’an sesuai konteks dan aktual.

Selain itu, ia juga rutin menggelar pengajian setiap hari Rabu pukul 20.00 sampai 21.00 WIB yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Tebuireng Official. Pengajian ini menggunakan kitab Tafsir Jalalain anggitan Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan Al-Suyuthi, dan saat ini telah menampung 50 video.

Bersambung…

Zainal Abidin
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Aktif di kajian Islam Nusantara Center dan Forum Lingkar Pena. Minat pada kajian manuskrip mushaf al-Quran.
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Air: Anugerah Ilahi dan Etika Manusia Terhadapnya

0
Air adalah anugerah Ilahi yang diturunkan ke muka bumi, kekayaan yang berharga dan warisan penting bagi generasi mendatang. Maka sejatinya kita harus mensyukuri segala...