Beranda Ulumul Quran Keutamaan Mendengarkan Bacaan Al Quran

Keutamaan Mendengarkan Bacaan Al Quran

Kita tentu sering mendengar bacaan Alquran baik lewat speaker Masjid terdekat maupun via smartphone bila didalamnya tersemat aplikasi semacam Quran android. Pernahkah anda mengetahui apa saja keutamaan mendengarkan bacaan Alquran? Nah, barangkali kita belum tahu tentang ini, penulis akan menguraikannya satu per satu.

Pertama, mendengarkan Alquran menjadi sebab tersampaikannya hidayah. Tidak hanya bagi manusia, hidayah lewat Alquran juga diperuntukkan bagi Jin sebagaimana telah terjadi juga ketika Rasulullah Saw membacakan surat ar-Rahman. Keterangannya dapat dilihat pada tafsir al-Thabari ketika menerangkan tafsir surat ar-Rahman ayat 13. Poin pertama ini mendapatkan penegasan lewat QS. az-Zumar ayat 17 – 18:

فَبَشِّرْ عِبَادِ () الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ أُولَئِكَ الَّذِينَ هَدَاهُمُ اللَّهُ وَأُولَئِكَ هُمْ أُولُو الْأَلْبَابِ   

“…Sampaikanlah kabar gembira kepada hamba-hambaku. (yaitu) Mereka yang menengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya, mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat.”

Kedua, dengan mendengarkan bacaan Alquran dapat mengasah kekhusyuan dan kepekaan hati. Dalam Sahih al-Bukhari terdapat sebuah hadis riwayat Abdullah bin Mas’ud, ia bercerita: Rasulullah Saw berkata padaku, “Bacakanlah Alquran untukku.” Aku pun berkata, “Aku membacakan untukmu padahal Alquran langsung turun kepadamu? Rasulullah menjawab, “Sungguh aku berharap mendengarnya dari orang lain. Lalu aku pun membacakan surat an-Nisa hingga sampai pada ayat 41, Rasul berkata kepadaku, “Cukup.” Aku melihat kedua matanya telah berurai.” Tidak hanya sekali atau pun dua kali, Rasulullah Saw sering meminta para sahabat untuk membacakan al-Qur’an untuknya.

Ketiga, mendengarkan bacaan Alquran merupakan sebab mendapatkan Rahmat Allah Swt. Hal ini sebagaimana janji dari Allah Swt yang dapat kita temukan pada QS. al-A’raf ayat 204:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُون 

“Dan apabila dibacakan al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.”

Keempat, poin yang terakhir adalah bahwa mendengarkan Alquran merupakan bagian dari ibadah. Hal ini karena membacanya merupakan ibadah, maka mendengarkannya pun mendapatkan pahala dan menjadi ibadah kepada Allah Swt. Sebagaimana tercantum pada poin ketiga dalam QS. al-A’raf ayat 204, Allah Swt memerintahkan kita untuk mendengarkan bacaan al-Qur’an. Ini bisa kita pahami sebagai bentuk ibadah kepada-Nya. Wallahu A’lam.

Wildan Imaduddin Muhammad
Dosen Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Kiat-kiat pencegahan kemiskinan dalam Al-Quran

Al-Quran dan Upaya Pengentasan Kemiskinan

0
Islam mengajarkan kepada penganutnya untuk memperhatikan segala aspek sosial kepada saudara Muslim lainya atau manusia pada umumnya. Salah satu yang ditekankan oleh Islam dalam...