BerandaBeritaKolaborasi Peringatan Lima Tahun IBTimes.ID dengan tafsiralquran.id

Kolaborasi Peringatan Lima Tahun IBTimes.ID dengan tafsiralquran.id

Pada peringatan lima tahun IBTimes.ID, tafsiralquran.id ikut berkolaborasi sebagai media partner. Kali ini IBTimes.ID merayakan ulang tahunnya yang kelima dengan menyelenggarakan IBFest, sebuah hajatan besar berlokasi di Laboratorium IsDB FISHIPOL UNY. Dimeriahkan oleh Husein Ja’far Alhadar, Yusril Fahriza, Alimatul Qibtiyah, dan Farchan Noor. Di event ini juga, para penulis IBTimes.ID berkumpul untuk membincangkan narasi ke depan IBTimes.ID.

Dilansir dari laporan penyelenggara, kesempatan ini juga menjadi momentum untuk kilas balik perjalanan lima tahun IBTimes.ID. Komunitas ini berawal dari hasil perbincangan sebuah tongkrongan beberapa orang saja, namun pada perjalanannya, ide tersebut, pelan-pelan berhasil mereka wujudkan. “Bermula dari ide tongkrongan, IBTimes.ID kini berhasil membuktikan dirinya sebagai kanal media keislaman yang mampu mewarnai narasi keberislaman di Indonesia!”. Demikian kutipan dari redaksi IB.Times.ID

Diskusi dan temu penulis muda dalam acara lima tahun IBTimes
Diskusi dan temu penulis muda dalam acara lima tahun IBTimes

IBTimes.ID secara resmi di-launching pada tanggal 10 April 2019, di Hotel Mutiara, Yogyakarta. Bagi komunitas yang berfokus dalam dunia digital, tentu bukan perjalanan yang mudah untuk bisa bertahan hingga tahun kelima. Dunia digital sangat dinamis dalam waktu yang sangat cepat dan singkat. Oleh karena itu, banyak gebrakan dan inovasi yang dilakukan oleh teman-teman IB.Times.ID untuk mencapai hal ini.

Mulai dari melembagakan ide, menetapkan branding, menyelenggarakan beberapa event, berkolaborasi dengan berbagai pihak dan lainnya, telah dilakukan oleh teman-teman IB.Times.ID. Berikut kutipan dari portal IB.Times.ID tentang hal tersebut,

“Supaya long-last, sebuah ide itu harus dilembagakan!”. Ya! Media ini nggak boleh jadi sekadar akun atau domain tahunan aja, harus diseriusi, harus dilembagakan. Tok, akhirnya disepakati untuk bikin perusahaan yang menaungi media ini: PT Litera Cahaya Bangsa!”

“Memasuki tahun 2022 IBTimes.ID semakin memantapkan branding-nya sebagai kanal media online. 2000 penulis tercatat sudah pernah menerbitkan tulisan di IBTimes.ID. Beberapa event juga berhasil diselenggarakan seperti pelatihan menulis, magang, dan perlombaan. Tercatat, sudah empat angkatan magang di IBTimes.ID yang sudah diluluskan dan banyak dari mereka telah sukses berkarir dunia jurnalistik profesional dan berkarir sebagai akademisi.”

“Di tahun ini juga, IBTimes.ID juga melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari NGO, Kementerian, universitas, hingga sesama kanal media online yang memiliki visi yang sama.”

para peserta dalam acara  Diskusi dan Temu Penulis Muda LIma Tahun IBTimes.ID
Para peserta dalam acara Diskusi dan Temu Penulis Muda Lima Tahun IBTimes.ID

Jika mengikuti perjalanan IB.Times.ID tersebut, tampak tiga hal yang sudah dipraktikkan oleh para ‘pejuang’nya, yaitu branding, inovasi dan kolaborasi menjadi kunci eksis mereka hingga lima tahun. Tiga hal ini pula yang sangat mungkin bisa diambil pelajaran oleh junior kanal-kanal keislaman yang lain, seperti tafsiralquran.id.

Semoga kolaborasi ini bisa bermanfaat. Selamat milad yang kelima untuk IBTImes.ID, sukses selalu!

Redaksi
Redaksihttp://tafsiralquran.id
Tafsir Al Quran | Referensi Tafsir di Indonesia
- Advertisment -spot_img

ARTIKEL TERBARU

Mental Illness dalam Kajian Semantik Alquran

0
Mental illness merupakan suatu kondisi yang dapat dialami oleh setiap orang. Hal tersebut dapat tumbuh karena adanya sebab dan latar belakang yang berbeda-beda. Faktor...