Beranda Berita Belajar Tafsir dari Youtube? Berikut 9 Daftar Rekomendasi Pengajiannya! (Part 2)

Belajar Tafsir dari Youtube? Berikut 9 Daftar Rekomendasi Pengajiannya! (Part 2)

Sebelumnya, telah disajikan empat daftar pengajian belajar tafsir dari Youtube. Berikut ini adalah lanjutan daftar tersebut:

  1. KH. Abdul Ghofur Maimoen

Gus Ghofur merupakan ulama muda putra dari Mbah Moen Zubair. Alumnus Universitas Al-Azhar Kairo ini mengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar 3 dan menyajikan ragam pengajian di kanal youtube-nya yang bernama PP. Al-Anwar 3. Di antara pengajian yang disiarkan kanal ini adalah pengajian Tafsir Jalalain yang diasuh langsung oleh Gus Ghofur.

Dalam channel ini ada beberapa playlist, seperti Ngaji Tafsir Jalalain dengan 43 video, Tafsir Jalalain Surah Al-Haqqah 1 video, Tafsir Jalalain Surah Al-Qolam 5 video, dan Tafsir Jalalain Surah al-Mulk 6 video. Pengajian Gus Ghofur ini diunggah dengan judul tematik berbasis problem masyarakat, dimaknai dengan bahasa Jawa, namun juga disampaikan keterangan bahasa Indonesianya.

  1. Ahmad Bahauddin Nursalim

Gus Baha’ adalah salah satu ulama yang videonya paling banyak diunggah ulang. Ceramah-ceramah santri Mbah Moen ini tersebar di berbagai kanal dengan kitab yang beragam. Jika kita mudah mendapatkan potongan ceramahnya dengan judul yang variatif di channel Santri Gayeng, maka kita juga dapat mendengarkan ceramah tafsirnya berdasarkan nama surat dan ayat di channel AL Muhibbin Channel dan Rekaman Ngaji KH. Ahmad Bahauddin Nursalim.

Kanal yang paling banyak menyimpan ceramahnya yaitu Rekaman Ngaji KH. Ahmad Bahauddin Nursalim. Di sini ada ratusan video dengan pembagian playlist yang beragam berdasarkan judul kitab-kitabnya. Mayoritas tafsir yang dikaji adalah Tafsir Jalalain, namun ada juga pengajian Tafsir Munir Karya Syekh Nawawi Banten, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Qurthubi, Tafsir At-Thabari, dan Tafsir Rawa’il Bayan fi Ayat Ahkam.

  1. A. Mustofa Bisri

Gus Mus dikenal sebagai Kyai sekaligus sastrawan. Banyak karya-karya sastranya dibaca oleh berbagai kalangan. Selain itu, ia juga putra dari mufassir ternama KH Bisri Mustofa yang menulis Tafsir Al-Ibriz. Tak hanya itu, Gus Mus juga menulis kitab Al-Ubraiz, sebuah kitab tafsir ijmali (global) yang khusus membahas kata-kata gharib atau aneh dalam Al-Qur’an.

Baca juga: Pionir Penulis Tafsir Tahlili di Media Massa, Bernama KH A. Musta’in Syafi’i

Saat ini, Gus Mus menyajikan seluruh pengajian pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang di kanal youtube GusMus Channel. Di pesantrennya ini, Gus Mus membacakan karya ayahnya sendiri. Dalam unggahan terakhir pada 1 Januari lalu, pengajiannya sudah sampai pada surat Al Baqarah ayat 266. Pengajian ini hampir mencapai 100 video.

Baca juga: Krisis Kemanusiaan, Gus Mus Serukan Para Kyai Memviralkan Kandungan Surat Al-Hujurat

  1. Syarofuddin IQ dan KH. Yahya Cholil Staquf

Di pesantren Raudlatut Thalibin, ada dua kyai lagi yang mengampu pengajian Tafsir Jalalain dan disiarkan di GusMus Channel. Mereka yaitu KH. Syarofuddin IQ dan KH. Yahya Cholil Staquf. KH. Syarofuddin merupakan santri senior yang kini menjadi penanggung jawab Pon Pes Radlatut Tholibin. Sementara KH. Yahya Cholil Staquf merupakan putra dari KH. Cholil Bisri yang merupakan kakak dari Gus Mus.

Pengajian KH Syarofuddin IQ kini telah mencapai edisi yang ke-97, terakhir membahas surat Al-Baqarah ayat 132. Sementara pengajian KH. Yahya Cholil Staquf telah mencapai edisi ke-86, terakhir membahas surat Al-Hajj ayat 40. Pengajaran tafsir ini dituturkan ala pesantren Jawa, yakni memaknai kata perkata dengan bahasa pengantar bahasa Jawa.

  1. Abdul Moqsith Ghozali

Kyai Moqsith merupakan salah satu dosen tafsir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu, Ia aktif di berbagai lembaga kajian dan beberapa tahun belakangan rutin menggelar pengajian online. Dalam kanal youtube-nya, Abdul Moqsith Ghozali menyimpan beberapa pengajian tafsir. Di antara pengajiannya yaitu kitab Tafsir Al-Wasith Lil Qur’anil Karim karya Sayyid Tantawi, dan Tafsir Jalalain yang juga banyak dikaji oleh ulama Indonesia.

Baca juga: Tiga Tantangan Pembelajaran Tafsir Menurut Quraish Shihab

Pengajian Kyai Moqsith ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat karena menggunakan bahasa Indonesia. menariknya, tetap disajikan khas ala pesantren yang mengurai kata per kata dan juga memberikan pandangan yang aktual sesuai dengan konteks kemasyarakatan.

Demikian, 9 daftar pengajian yang memudahkan kita untuk mempelajari Tafsir Al-Qur’an dari youtube. Tentu 9 rekomendasi ini tidak bisa mewakili seluruhnya, terlebih banyak ulama yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pengantarnya. Paling tidak, rekomendasi ini bisa menjadi ‘katalog mini’ pengajian tafsir di youtube. Akan sangat senang jika daftar pengajian seperti ini dikumpulkan dari berbagai daerah, sehingga tradisi ngaji online lebih hidup. Semoga bermanfaat!

Wallahu a’lam[]

Artikel Sebelumnya

Zainal Abidin
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Aktif di kajian Islam Nusantara Center dan Forum Lingkar Pena. Minat pada kajian manuskrip mushaf al-Quran.
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

tentang fitnah

Penjelasan tentang Fitnah Lebih Kejam daripada Pembunuhan

0
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata fitnah diartikan sebagai perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama...