Beranda Berita Hari Kesehatan Mental Sedunia: Ini 3 Artikel Doa Al-Quran untuk Menjaga...

Hari Kesehatan Mental Sedunia: Ini 3 Artikel Doa Al-Quran untuk Menjaga Mental

Hari ini, Sabtu (10/10) merupakan momentum peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia, atau disebut pula World Mental Health Day (WMHD). Melansir laman www.who.int, peringatan ini pertama kali digelar pada 10 Oktober tahun 1992 oleh World Health Organization (WHO), dan menjadi agenda rutin tiap tahun. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental di seluruh dunia dan memobilisasi upaya untuk mendukung kesehatan mental seluruh lini masyarakat. 

Peringatan WMHD tahun ini sangat penting untuk diperhatikan karena kita berada dalam kondisi pandemi Covid-19, yang salah satunya mengakibatkan penurunan kesehatan mental masyarakat. Terlebih bagi orang yang ditinggalkan keluarga dan kerabat dekatnya yang ia cintai karena virus tersebut.  

Dalam rangka memperingati WMHD atau Hari Kesehatan Mental Sedunia ini, tafsiralquran.id merangkum tiga artikel khusus tentang doa-doa pilihan untuk menjaga kesehatan jiwa atau mental. 

Baca Ayat Ini untuk Menghilangkan Rasa Takut dan Menjaga Kesehatan Mental

Artikel ini menyuguhkan doa sebagai ikhtiar untuk menghilangkan rasa takut yang kerap muncul saat kita mengalami kejadian yang tak diinginkan atau dilanda musibah. Di lain sisi, doa ini juga dapat menjaga kesehatan mental, sehingga kita terhindar dari over thinking, stress, dan depresi saat terkena tekanan. Doa ini ialah surat Al-Kahfi ayat 1 sampai 10.

Tiga Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah

Dari artikel ini kita akan mendapat informasi tentang tiga keutamaan yang didapat ketika membaca Surat Al-Waqiah. Salah satunya menyinggung tentang kesehatan jasmani dan rohani. Dijelaskan bahwa membaca surat Al-Waqiah juga bisa menstabilkan kesehatan jasmani dan rohani. Sedang dua yang lainnya berupa memperlancar rezeki dan mengabulkan hajat. 

Doa Al-Quran: Doa Agar Diringankan Dari Beban Kehidupan

Artikel ini menyajikan doa Al-Quran berupa Surat Al-Baqarah ayat 286, yang dapat meringankan beban kehidupan. Seringkali menganggap beberapa sisi kehidupan sebagai beban dapat menyebabkan mental seseorang terganggu. Doa ini bisa kita panjatkan setiap saat. Selain sebagai doa, ayat tersebut juga dapat kita jadikan amaliyah wirid, agar hati kita terteguhkan, bahwa kita masih dalam naungan Allah, Dzat yang Maha besar dibanding masalah manusia.

Demikian rangkuman artikel Doa Al-Quran yang dapat kita amalkan untuk menjaga kesehatan mental. Ini adalah salah satu bentuk ikhtiar, dan bisa kita tambah dengan ikhtiar lain. Semoga kita senantiasa diberi Allah kesehatan mental dan raga. Amin. 

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia!

Wallahu A’lam.

Redaksihttp://tafsiralquran.id
Tafsir Al Quran | Referensi Tafsir di Indonesia
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Mental Block

Empat Mental Block Yang Harus Dijauhi Oleh Pelajar

0
Mental Block adalah hambatan psikologis (psychological obstacle) atau pola pikir yang mencegah seseorang untuk menyelesaikan tugas penting dan menghalangi kesuksesan. Kondisi ini hampir dipastikan...