Beranda Kisah Al Quran Tiga Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah

Tiga Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah

Banyak sekali keutamaan yang terkandung dalam Surah al-Waqiah. Bahkan Imam Nawawi dalam At-Tibyan fĭ Adabi Hamalat al-Qur’an menjelaskan mengenai keutamaan membaca beberapa surat pilihan salah satunya adalah surah al-Waqiah. Surah al-Waqiah merupakan surah ke-56, terdiri dari 96 ayat, tergolong surah Makkiyah. Secara spesifik tiga keutamaan membaca surah al-Waqiah sebagai berikut.

Mencegah Kemiskinan dan Mendatangkan Kekayaan

Dalam sebuah hadits dikatakan

وَاَخْرَجَ اِبْنُ مَرْدَوِيَّه عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, عَن رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلمَ قَالَ: ( سُوْرَةُ الْوَاقِعَةِ سُوْرَةَ الْغَنِيِّ فَاَقْرَأُوهَا وَعَلِّمُوْهَا اَوْلَادَكُمْ

“ dan diriwayatkan Ibnu Murdawiyyah dari Anas r.a, dari Rasulullah Saw bersabda: surah Al-Waqiah adalah surah kaya maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anakmu”

Dan dalam riwayat yang lain juga dijelaskan

اَخْرَجَ اَبُوْ عَبِيْدَة (فِيْ فَضَائِلِ الْقُرْآنِ) وَالْحَارِثُ بْنُ اَبِيْ اُسَامَة وَ اَبُوْ يَعْلَى (فِيْ مُسْنَدُهُ) وَ اِبْنُ مَرْدَوِيَّه (فِيْ تَفْسِيْرُهُ) وَالْبَيْهَقِيْ (فِيْ شُعْبُ الْاِيْمَانِ) عَنْ اِبْنُ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةَ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةً

Diriwayatkan dari Abu ‘Abidah (dalam Fadhâ’il al-qur’ân) dan Harits bin Abi Usâmah dan Abu Ya’la (dalam musnadnya) dan Ibnu Mardawiyyah (dalam tafsirnya) dan Baihaqi (dalam Syu’bul iman) dari Ibnu Mas’ud r.a berkata: saya mendengar Rasulullah Saw, bersabda: barangsiapa membaca Surah Al-Waqiah setiap malam maka dia tidak akan ditimpa kepapaan.

Sejalan dengan riwayat di atas, Dalam salah satu kisah diceritakan ketika Ibnu Mas’ud akan meninggal dunia, ia ditanya oleh kerabatnya, “mengapa engkau tinggalkan putera-puteramu dalam keadaan miskin?” Ibnu Mas’ud kemudian menjawab, “ Aku tidak meninggalkan putera-puteraku dalam keadaan miskin, sebab aku telah meninggalkan kepada mereka sebuah kekayaan, dan itu adalah surah Al-Waqi’ah.” (Baca juga: Keutamaan Mendengarkan Bacaan Al Quran)

Cerita dari riwayat hadits diatas menjadi sandaran yang cukup dijadikan alasan bahwa ketika kita membaca surah Al-Waqi’ah. Insya Allah, akan terhindar dari kemiskinan dan rezekinya akan dipermudah. Sehingga menjadi asbab untuk mendatangkan kekayaan dalam kehidupan. Kekayaan itu dapat berupa kekayaan secara material maupun non-material.

Sebagaimana dijelaskan oleh Shonhaji Abdusshomad, pengasuh pondok pesantren al-Hidayah II, Pasuruan (penelitian Living Qur’an Farah Lu’luil M dan Ahmad Zainuddin, Univ Yudharta Pasuruan), beliau mengatakan

“surah Al-Waqi’ah itu banyak fadhilahnya dikitab-kitab baik dikitab ta’lim itu pada bab fĭma yajibu Rizqa. Surah Al-Waqi’ah mendatangkan rizki baik rizki dzohir maupun batin. Maksudnya rizki dzohir yaitu berupa material yang berkecukupan, maksudnya rizki batin yaitu ketenangan jiwa, membentuk karakter yang berakhlaq…” (Baca juga: Keutamaan Surat Yasin Dalam Tradisi Masyarakat Muslim Indonesia)

Mempermudah Segala Urusan dan Hajat Kehidupan

Tentunya dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak masalah dan rintangan yang mempersulit segala hal yang kita upayakan. Dengan mengamalkan surah Al-Waqiah, bisa jadi segala urusan kita akan dipermudah oleh Allah Swt. Sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Ja’far r.a dalam kitabnya Khazinatul Asrar Kubra. Beliau menjelaskan,

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Waqiah diwaktu pagi ketika ia keluar dari rumahnya untuk bekerja ataupun untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, Maka Allah Swt akan mempermudah rezekinya dan menyampaikan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surah Al-Waqiah pada waktu pagi dan sore hari, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah karena fitnahnya akan kembali pada orang tersebut.”

Menstabilkan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an adalah berguna untuk kesehatan. Surah Al-Waqiah adalah bagian dari surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an. Sehingga, membaca surah Al-Waqiah dapat menjadi sarana yang diniatkan untuk menstabilkan kesehatan kita. (Baca juga: Inilah Tiga Mukjizat Al-Quran)

Hal ini Sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah Swt pada surah Al-Isra ayat 82,

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءُ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

“ Dan kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian”

Itulah tiga keutamaan yang bisa menjadi sandaran kita untuk mendawamkan membaca surah al-Waqiah. Dengan disertai niat yang tulus dan ikhas semoga segala apa yang kita maksudkan ketika membaca surah al-Waqiah akan dikabulkan oleh Allah swt. Amin.

Harfin
Mahasiswa Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, aktif di CRIS Foundation
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Tiga Karakter Kepemimpinan Rasulullah yang Patut Dicontoh

Tiga Karakter Kepemimpinan Rasulullah yang Patut Dicontoh

0
Ketika menjadi pemimpin, seseorang hendaknya memiliki kepribadian yang baik dan mampu memimpin anggotanya dengan baik pula. Selain itu, pemimpin juga seringkali dituntut dapat mengambil...