Beranda Kisah Al Quran Inilah Keutamaan dan Manfaat Buah dalam Al Quran

Inilah Keutamaan dan Manfaat Buah dalam Al Quran

Di dalam Al Quran, banyak ayat yang membahas mengenai buah-buahan. Penjelasan dari ayat-ayat ini tentu mengandung keutamaan dan makna yang harus diperhatikan oleh manusia. Buah sendiri memiliki berbagai macam jenis dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Terdapat beberapa buah yang disebutkan oleh Allah swt dalam Al Quran, di antaranya buah tin, zaitun, delima, anggur, dan kurma.

Ada yang berpendapat bahwa buah yang namanya disebutkan dalam Al Quran disinyalir merupakan buah yang juga tumbuh di dalam surga. Sehingga banyak para ilmuwan meneliti seberapa utama dan manfaat yang dikandung buah-buahan tersebut daripada buah yang tidak disebutkan dalam Al Quran. Setidaknya ada enam jenis buah yang disebutkan dalam Al Quran, sebagaimana berikut.

Buah Anggur (vitis vinifera L)

Dalam Al Quran, buah anggur disebutkan sebanyak 14 kali. Satu di antaranya adalah dalam ayat berikut.

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Q.S. an-Nahl [16]: 11)

Salah satu manfaat dari buah anggur adalah dapat memberikan efek bagi daya ingat, termasuk perlindungan terhadap penyakit Alzheimer (Hasil penelitian oleh Dr. Daniel Silverman, University of California)

Baca juga: Keutamaan Mendengarkan Bacaan Al Quran

Buah Tin (ficus carica L)

Nama “tin” terambil dari bahasa Arab juga dikenal dengan nama “Ara” (buah Ara/pohon Ara). Buah tin yang disebutkan dalam Al Quran dapat kita temukan pada surat at-Tin sebagaimana berikut,

وَالتِّيْنِ وَ الزَّيْتُوْنِ

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.”(Q.S. at-Tin [95]: 1)

Dalam Tafsir al–Munir dijelaskan bahwa Allah swt mengkhususkan buah Tin di antara buah-buah yang lain untuk dijadikan sebagai simbol qasam (sumpah), karena Tin adalah buah yang baik dan dapat dimakan tanpa sisa. Imam Ibnu Qayyim al-Jauzi dalam Zădul Ma’ad, mengutip cerita dari sebuah hadits,

“Disebutkan dari Abu Darda’, Nabi Saw, pernah diberi sepiring buah Tin. Kemudian beliau bersabda, ‘silahkan kalian makan!’ maka beliau juga ikut memakan sebagian diantaranya. Lalu beliau bersabda, ‘ sekiranya aku boleh mengatakan bahwa ada buah-buahan yang diturunkan dari surga, tentu kukatakan inilah dia. Sebab buah-buahan surga tidak mempunyai biji. Makanlah buah ini, karena ia dapat menyembuhkan wasir…”

Baca juga: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 261: Keutamaan Sedekah

Buah Zaitun (Olea europaea L)

Selain pada surat at-Tin, keutamaan buah Zaitun juga disebutkan dalam ayat lain, seperti di bawah ini,

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Q.S. an-Nahl [16]: 11)

Dalam bahasa Arab buah ini dikenal dengan sebutan Zaitŭn, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Olive, karena dapat diolah dan diekstrak menjadi minyak sehingga menghasilkan olive oil yang berarti minyak Zaitun. Para ulama banyak menyebutkan tentang keutamaan minyak zaitun di mana salah satunya adalah berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker.

Buah Pisang (Musa paradisiaca)

Buah ini bahkan pernah disebutkan ciri-cirinya dalam Al Quran, seperti dalam potongan ayat berikut,

وَطَلْحٍ مَمْضوْدٍ

“dan pohon pisang yang (buahnya) bersusun-susun” (Q.S. al-Waqiah [56]: 29)

Ibnu Hatim mengutip keterangan dari para sahabat bahwa penduduk Yaman menamakan pisang dengan sebutan Talh. Menurut Prof. Ayle Baysal dalam karyanya Beslenme mengatakan, buah pisang bermanfaat mampu menurunkan tekanan darah dan dapat berguna sebagai obat penyembuh beragam alergi.

Baca juga: Keutamaan Surat Yasin dalam Tradisi Masyarakat Muslim Indonesia

Buah Delima (Punica granatum L)

Dalam Al Quran Allah swt, berfirman.

فِيْهِمَا فَا كِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

“didalam keduanya (terdapat berbagai) buah-buahan dan kurma serta delima”(Q.S. ar-Rahman [55]: 68)

Juga disebutkan dalam surat al-An’am, Allah swt berfirman,

وَهُوَ الَّذِيْ أًنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْئٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ اُنْظُرُوْآ اِلٰى ثَمَرِهٖ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُوْنَ

“Dan Dia-lah yang menurunkan air dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”(QS. Al-An’Am: 99)

Dari sekian banyak manfaat buah Delima, al-Harb meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, beliau berkata: “Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung”

Buah Kurma (Phoenix dactylifera L)

Buah ini disebutkan dalam Al Quran, Allah swt berfirman,

وَهُزِّيْٓ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا ۖ

“ dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu”(QS. Maryam:25)

Baca juga: Inilah Empat Keutamaan Surat Al Ikhlas

Ayat diatas berhubungan dengan kisah persalinan Maryam, saat melahirkan Nabi Isa a.s. Ketika diteliti dalam ilmu kedokteran, ternyata kurma mengandung 50% gula. Pada saat seorang ibu melahirkan, pasti mengeluarkan banyak darah dimana dengan sendirinya gula darah akan menurun. Sehingga buah kurma menjadi makanan yang tepat untuk dikonsumsi oleh seorang ibu selepas persalinan, agar kadar gula darah yang ada dalam tubuhnya dapat kembali normal seperti semula.

Ibnu Qayyim juga menjelaskan bahwa kurma merupakan salah satu jenis obat-obatan yang digunakan oleh Nabi Saw. Dalam suatu riwayat diceritakan Rasulullah saw bersabda,

“Barangsiapa yang sarapan dengan tujuh Tamr (kurma kering) maka dia akan terbebas dari racun dan sihir (yang menimpa) pada hari itu”

Dari pembahasan diatas kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa Al Quran juga menjelaskan rahasia dan manfaat terhadap apa yang dikandung buah-buahan. Tidak semua buah disebutkan dalam Al Quran. Akan tetapi, dengan adanya sejumlah buah yang disebutkan oleh Al Quran menyebabkan penelitian secara panjang lebar dalam dunia pengetahuan sains.

Hal ini menandakan adanya keutamaan dan rahasia yang tersimpan dari buah-buahan tersebut. Apapun jenis buah yang ada di dunia ini, tidak akan menandingi besarnya manfaat kandungan buah yang pernah disebutkan dalam Al Quran.

Harfin
Mahasiswa Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, aktif di CRIS Foundation
- Advertisment -

ARTIKEL TERBARU

Dasar legalitas badal haji

Dasar Legalitas Badal Haji

0
Baru-baru ini, Kemenag memberi pernyataan akan memberikan badal haji pada jemaah Indonesia yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Hal ini menyusul kabar adanya...